Tanaman Hias di Rumah Berbahaya?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 07 Oct 2016 13:33 WIB
kesehatan
Tanaman Hias di Rumah Berbahaya?
Jika terlalu banyak air dan tanaman berada di ruangan gelap atau memiliki masalah kelembaban, jamur akan menghasilkan spora. Dan ini dapat menimbulkan reaksi alergi. (Foto: Thefood-life)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tanaman hias memiliki manfaat untuk menambah keindahan rumah. Namun, ternyata tidak hanya itu dampak yang diberikan. 

Mussie Habteselassie, profesor di Departemen Ilmu Tanah dan Tanaman di University of Georgia menjelaskan, bahwa akar tanaman hias dapat menjadi koloni mikroorganisme dan tanaman yang terlalu banyak disiram hanya akan merusak keindahan ruangan. 

Tanaman yang dimaksudkan untuk menambah kerindangan tersebut ternyata dapat menjadi sarang bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya. 

"Anda membawa banyak hal ke dalam rumah Anda melalui tanaman," ujar Dr. Habteselassie, yang mengkhususkan diri dalam mikrobiologi tanah.

Pada tanaman hias yang mendapatkan sinar matahari dan jumlah air yang tepat, jamur membantu mengekstrak sistem akar agar lebih bernutrisi dalam lingkungan tersebut. 

(Baca juga: Manfaat Meletakkan Tanaman di Ruang Kantor)

"Namun jika terlalu banyak air dan berada di ruangan gelap atau memiliki masalah kelembaban, jamur akan menghasilkan spora, dan hal tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi," tambahnya. Bagi mereka yang alergi, gejala yang muncul adalah demam. Selain itu, spora juga dapat memperparah asma. Secara umum, tanaman membawa bakteri, meskipun 99 persen bakteri dalam akar tanaman bermanfaat. 

Ketika tanaman mengalami stres, seperti karena terlalu banyak atau sedikit disiram, mendapat paparan suhu yang ekstrem, terkena jamur, bakteri, atau serangga berbahaya; maka tanaman tersebut akan melepaskan bahan kimia dalam bentuk gas, yang tak bisa dideteksi manusia. 








(TIN)