Sedang Hamil atau Merencanakan Kehamilan? Hindari Kebiasaan Ini

Torie Natalova    •    Selasa, 27 Sep 2016 11:52 WIB
tips kesehatan
Sedang Hamil atau Merencanakan Kehamilan? Hindari Kebiasaan Ini
(Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat mempersiapkan diri memiliki anak, yang dibutuhkan tak hanya persiapan mental,tetapi juga harus didukung kesehatan yang optimal dari calon ibu.

Untuk menunjang kesehatan ibu dan janin, maka perempuan hamil diimbau menghentikan beberapa kebiasaan. Apa saja?

1. Merokok dan alkohol

Merokok memberi dampak buruk pada perkembangan paru-paru, baik pada ibu maupun janin. Begitu juga dengan alkohol yang meningkatkan risiko keguguran. Bagi yang baru merencanakan kehamilan, aktivitas merokok dan minum alkohol bisa menjadi hambatan utama gagalnya pembuahan.

2. Kafein


Sebuah penelitian yang dilansir Boldsky menyebutkan, minuman dengan kandungan kafein seperti kopi, minuman berenergi, dan sejenisnya dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.
 
3. Stres

Hormon stres yang ditimbulkan saat hamil tak hanya memengaruhi kesehatan ibu secara keseluruhan. Sebuah penelitian menemukan, janin yang terpapar hormon stres dari ibu lebih rentan mengalami penyakit mental ketika dewasa.

(Baca:
Hamil Bayi Laki-laki Lebih Rentan Alami Komplikasi Saat Melahirkan)


4. Obat

Saat hamil, konsultasikan setiap obat yang akan dikonsumsi demi keselamatan dan kesehatan Anda dan janin.

5. Makanan bergula

Jangan makan makanan manis dalam jumlah yang banyak karena berpotensi meningkatkan risiko diabetes, baik pada ibu maupun janin.

6. Olahraga berlebihan

Olahraga berat tidak dianjurkan bagi perempuan hamil atau pun yang sedang merencanakan kehamilan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko gagalnya pembuahan, dan yang terburuk bisa menyebabkan keguguran.


Langkah Mempersiapkan Kehamilan





(DEV)