Hindari Kanker Usus dengan Bahan Makanan yang Segar

Raka Lestari    •    Jumat, 20 Oct 2017 07:44 WIB
kesehatan
Hindari Kanker Usus dengan Bahan Makanan yang Segar
Anda sebaiknya tidak mengonsumsi bahan-bahan makanan seperti daging atau sayur-sayuran yang sudah terlalu lama disimpan dalam kulkas. (Foto: Sebastian lp/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda sebaiknya tidak mengonsumsi bahan-bahan makanan seperti daging atau sayur-sayuran yang sudah terlalu lama disimpan dalam kulkas. Hal itu karena bahan-bahan tersebut bisa saja menjadi sudah kadaluarsa atau bahkan bersifat racun. Tentunya hal tersebut dapat memberikan dampak negatif pada tubuh. 

"Harusnya kita mengonsumsi makan-makanan yang masih segar. Karena begitu mereka masuk ke kulkas terlalu lama, akan teroksidasi." ujar dr Handrawan Nadesul, Health Motivator dan penulis buku pada acara "Talkshow Hospital Expo 2017" di Jakarta Convention Center, Kamis (19/10/17). 

(Baca juga: Waspada Mengonsumsi Makanan Hasil Rekayasa Organik Berlebihan)

Ia juga mengatakan, "Kebanyakan masyarakat sekarang makan-makanan yang tidak segar, kalau sudah tidak segar justru menjadi racun. Misalnya saja daging, jika disimpan terlalu lama maka proteinnya akan rusak." Hal inilah yang menyebabkan saat ini semakin banyak penderita kanker usus besar. Salah satunya adalah karena mengonsumsi makanan yang kurang sehat. 



Sisa makanan yang dikonsumsi dan tidak tercerna akan menempel dan mengendap sehingga menyebabkan kanker usus besar sehingga isi makanan yang dikonsumsi harus sehat agar tidak menyebabkan kanker usus besar. 

Menurut dr. Handrawan, salah satu bahan makanan yang paling susah dicerna adalah daging sehingga sangat penting untuk memilih daging yang masih segar agar tidak merusak tubuh jika memilih daging yang sudah tidak segar. 










(TIN)