Selepas Liburan, Sebaiknya Tak Lakukan Ini

Raka Lestari    •    Rabu, 03 Jan 2018 11:57 WIB
psikologi
Selepas Liburan, Sebaiknya Tak Lakukan Ini
Sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal di bawah ini agar pekerjaan-pekerjaan yang sempat Anda tinggalkan tidak terasa berat. (Foto: Rawpixel/Pixabay.com)

Jakarta: Kembali ke rutinitas harian setelah liburan yang panjang mungkin terkadang sangat sulit. Banyak godaan yang terkadang membuat Anda rasanya ingin kembali ke suasana liburan dimana Anda tidak perlu memikirkan pekerjaan baik itu pekerjaan kantor ataupun pekerjaan rumah tangga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal di bawah ini agar pekerjaan-pekerjaan yang sempat Anda tinggalkan tidak terasa berat.

Dilansir dari Reader's Digest berikut ini adalah daftar hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah Anda berlibur.

1. Membiarkan pekerjaan menumpuk
Untuk menghindari rasa letih pada hari pertama Anda kembali bekerja, mulailah saat Anda masih dalam masa istirahat, kata psikolog Ariane Machin, PhD, pendiri Conscious Coaching Collective. "Sisihkan waktu Anda dari keluarga untuk mengecek email-email pekerjaan Anda kira-kira selama 30 menit," kata Dr Machin. "Itu akan mengurangi kecemasan yang dihadapi di hari pertama Anda bekerja."

2. Tidak memiliki rencana
Menurut Lori Scherwin, pendiri perusahaan pemenuhan karir Strategize That, "Mengetahui apa yang selanjutnya akan dilakukan bisa memudahkan untuk dapat menemukan kedamaian saat berlibur karena Anda sudah tahu apa yang akan Anda hadapi dan kerjaan." 


(Sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal di bawah ini agar pekerjaan-pekerjaan yang sempat Anda tinggalkan tidak terasa berat. Foto: Pixabay.com)


(Baca juga: Pentingkah Membuat Resolusi Tahun Baru?)

3. Mengabaikan kesempatan untuk perubahan yang lebih baik 
Kembali dari liburan panjang menandai awal yang baru, menjadikannya kesempatan sempurna untuk melakukan perubahan yang lebih baik, kata Chanie Wilschanski, pelatih kepala anak usia dini dan pendiri perusahaan konsultan DiscoverED. 

4. Membuat resolusi yang sulit dicapai 
Tidak perlu membuat resolusi yang sulit untuk Anda capai. Buatlah resolusi-resolusi yang mudah dan yakin bisa Anda lakukan. "Beberapa strategi dapat membuat Anda lebih cenderung mempertahankan komitmen Anda," kata Dr Machin.

5. Menolak untuk memikirkan pekerjaan 
Menolak untuk memikirkan pekerjaan pada malam hari sebelum Anda berangkat kerja keesokan harinya justru membuat Anda lebih sulit untuk terbiasa kembali ke suasana kerja sebelumnya. "Malam sebelum hari dimana Anda kembali bekerja dimulai lagi, persiapkan pakaian kantor Anda dan buatlah makan siang Anda untuk Anda bawa ke kantor," saran Dr. Machin.











(TIN)