Tips Menata Kamar Tidur agar Tidur Lebih Nyenyak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Feb 2018 13:30 WIB
tips & trik
Tips Menata Kamar Tidur agar Tidur Lebih Nyenyak
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Penataan kamar tidur turut memengaruhi kualitas istirahat seseorang. Posisi barang dan cahaya adalah dua hal yang tak bisa diabaikan. Selain dua hal tersebut, berikut adalah beberapa tips penataan kamar tidur agar mudah terlelap.

1. Berlatar biru

Pilihlah warna yang didominasi biru untuk kamar tidur. Sebuah studi yang dilakukan oleh Travelodge menemukan bahwa orang yang tidur di tuang dengan dominasi warna biru tidur lebih nyenyak. Kuning dan hijau juga warna yang membuat mata cepat terpejam.

2. Posisi jendela

Cahaya dapat membangunkan kita. Oleh karena itu, aturlah pencahayaan sedemikian rupa, misalnya memasang korden di jendela yang merupakan sumber cahaya alami dalam kamar.

3. Sandaran kasur

Pilihlah tempat tidur yang aman Anda gunakan, baik dalam posisi tidur atau duduk. Carilah sandaran kepala kasur yang kuat, misalnya terbuat dari kayu, agar Anda merasa nyaman saat beraktivitas di kasur.

4. Hindari ruang di bawah kasur

Menurut Feng Shui, membiarkan adanya jarak antara lantai dengan kasur dapat menghilangkan energi. Jangan gunakan jarak tersebut sebagai tempat penyimpanan.

5. Posisi kasur

Jangan tempatkan kasur searah dengan pintu, namun pastikan Anda masih dapat melihat pintu saat berada di kasur.

6. Pencahayan

Hindari cahaya yang terlalu terang dalam kamar tidur, pasanglah lampu yang remang agar mudah terlelap.

7. Tambahkan tanaman

Tanaman membantu meningkatkan kualitas udara dan membuat lebih kamar tidur lebih tenang. Jangan lupa menyirami tanaman di pagi hari atau malam hari dimana kebiasaan tersebut membantu otak untuk mengerti kapan jam tidur.





(DEV)