Perawatan Gigi Dapat Cegah Obesitas pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 10 Nov 2017 15:24 WIB
Perawatan Gigi Dapat Cegah Obesitas pada Anak
Sebuah studi menemukan bahwa ada hubungan langsung antara kesehatan gigi yang buruk dengan peningkatan indeks massa tubuh (BMI) lemak tubuh tambahan. (Foto: Ben White/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda khawatir jika nantinya anak mengalami obesitas? Jika ya, cobalah lakukan perawatan gigi pada anak secara rutin untuk mencegah hal tersebut.

Sebuah studi menemukan bahwa ada hubungan langsung antara kesehatan gigi yang buruk dengan peningkatan indeks massa tubuh (BMI) lemak tubuh tambahan.

"Berat badan bisa jadi subyek sensitif, namun bila Anda berbicara tentang kebiasaan makan dengan kesehatan gigi, Anda akan melihatnya dari sisi yang berbeda," papar Louise Arvidsson, mahasiswa doktoral dari University of Gothenburg, Swedia.



"Pertanyaannya adalah, apakah pola makan sehat juga dapat berpengaruh pada anak kecil. Ada berbagai macam fokus pada aktivitas fisik dan kesehatan mental pada anak, namun perkara pola makan saat ini mulai mendapat perhatian."

(Baca juga: Cegah Obesitas pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua)

Para peneliti meninjau kebiasaan makan, lemak tubuh, dan kesehatan gigi dari 271 anak-anak.

Tinggi badang, berat badan, dan asupan makan anak-anak diperhatikan selama satu hari dan para peneliti menilai prevalensi mikroorganisme kariogenik pada air ludah.

Hasilnya, anak yang memiliki jumlah bakteri lebih banyak juga memiliki BMI lebih tinggi dan pola makan yang lebih buruk.



Anak-anak dianjurkan untuk mengonsumsi produk gandum, 400-500 gram buah dan sayuran per hari, ikan dua atau tiga kali per minggu, dan asupan gula dan lemak jenuh dalm jumlah rendah.

Arvidsson menambahkan, makanan baik dapat meningkatkan kepercayaan diri, hubungan yang lebih baik dengan teman, dan lebih sedikit masalah emosional.








(TIN)