Bijak Terhadap Penggunaan Pil Pelangsing

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 01 Dec 2017 12:16 WIB
diet
Bijak Terhadap Penggunaan Pil Pelangsing
Masyarakat pun diminta melakukan konsultasi dengan ahli medis sebelum mengonsumsi pil pelangsing itu. (Foto: Pixabay)

Jakarta: Bagi konsumen pil pelangsing berhati-hati, khususnya yang mengklaim mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Pasalnya, dapat dianggap berbahaya bagi kesehatan, diantaranya jantung, penglihatan kabur serta menimbulkan diare.

Dilansir dari BBC.com, hal itu merupakan himbauan yang disampaikan oleh The Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA), yaitu Balai Pengawas obat-obatan di Inggris. MHRA pun menyarankan agar orang yang ingin mengonsumsi pil pelangsing untuk konsultsai terlebih dahulu sebelum menggunakanya. 

Berdasarkan survei terhadap 1.800, ditemukan satu dari tiga orang telah membeli pil secara online mengalami efek samping. Sebagian besar penderita mengaku telah membeli secara online karena mereka ingin menurunkan berat badan dengan cepat. 

Salah satu korban pil pelangsing yaitu Sarah-Jayne Walker (30). Sarah-Jayne mengaku telah mengonsumsi pil pelangsing tersebut selama empat bulan. 


(Masyarakat pun diminta melakukan konsultasi dengan ahli medis sebelum mengonsumsi pil pelangsing itu. Foto: Pixabay)

(Baca juga: Penyalahgunaan Obat Tiroid Sebagai Pelangsing Picu Osteoporosis)

"Pilnya masuk dalam botol putih kecil tanpa selebaran dan tidak ada instruksi," katanya.

Efek yang dirasakanya setelah mengonsumsi pil pelangsing yang dibeli secara online yaitu detak jantung lebih cepat (palpitasi) dan membuatnya merasa pingsan. Tak hanya itu, dia juga menderita penyakit kepala ringan dan mudah tersinggung.

"Saya tahu pil itu memengaruhi tubuh saya dan saya menjadi tergantung pada mereka," katanya.

MHRA pun mengingatkan kepada masyarakat agar tidak mudah termakan rayuan efek pelangsing tersebut. Masyarakat pun diminta melakukan konsultasi dengan ahli medis sebelum mengonsumsi pil pelangsing itu.

Selain itu, ada juga bebeapa tips yang bisa diterapkan agar tidak tertipu oleh obat pelangsing, yaitu: 

- Mengecek lisensi obat pelangsing sebelum membeli.

- Hati-hati membeli produk herbal. Sebab masih menggandung bahan kimia yang mungkin memiliki efek samping.

- Jika sudah terlanjur mengonsumsi pil pelangsing berbahaya, segera berkonsultsai dengan pihak dokter agar dapat diterapkan tindakan medis dan perawatan yang tepat.









(TIN)