Kini, Prosedur Sunat Bisa Dilakukan Tanpa Jarum Suntik

Raka Lestari    •    Rabu, 15 Nov 2017 11:20 WIB
kesehatan
Kini, Prosedur Sunat Bisa Dilakukan Tanpa Jarum Suntik
Penemuan needle-free injection menggeser metode suntik yang kerap dianggap mengerikan (Foto: Netmum)

Jakarta: Prosedur sirkumsisi atau sunat cukup menakutkan bagi sebagian besar pria. Pasalnya, dokter terlebih dahulu akan memberikan suntikan anastesi di area organ genital agar kulit menjadi baal dan bisa dilakukan tindakan.

Namun, belakangan ini ada teknologi baru sehingga sunat tidak lagi menakutkan. Adalah teknologi needle-free injection  yang banyak digunakan para praktisi kesehatan termasuk dokter gigi, dokter umum, dokter andrologi, dokter anak, dan dokter kulit.

Teknologi ini bisa dikatakan sebagai suntikan tanpa jarum yang memanfaatkan energi pendorong yang kuat dari pegas, gas, atau elektromagnetik dengan tujuan mengantarkan preparat obat berbentuk cair menembus kulit hanya dengan semprotan. Jadi, tidak ada rasa sakit.

Berdasarkan energi yang dihasilkan pendorong, obat dapat dihantarkan hingga otot (intramuskular), subkutan, dan kulit (intradermal) sesuai keinginan dokter.

Pada 2009, tim peneliti dari Tiongkok mencoba meneliti efektifitas needle-free injection  dalam prosedur anastesi sirkumsisi. Penelitian ini telah dipublikasikan di Journal of Urologu pada September 2010, dengan melibatkan 60 pria dewasa.

Dalam penelitian ini, untuk mencapai manfaat analgesia obat, hanya dibutuhkan waktu 45 detik setelah injeksi diberikan. Sebanyak 85 persen partisipan merasa puas dengan teknologi needle-free injection  ini, tanpa membutuhkan anastesi tambahan dalam menghilangkan nyeri saat sirkumsisi.

"Dengan teknologi ini waktu capai analgesia pasien sunat menjadi lebih cepat, tanpa menimbulkan cedera jaringan dan tanpa rasa sakit," ujar dr Mahdian Nur Nasution, SpBS dalam acara Revolusi Sirkumsisi Tanpa Jarum Suntik di Jakarta, Selasa 14 November 2017.

Dengan adanya teknologi ini kenyamanan proses sunat baik pada anak atau dewasa juga menjadi lebih baik.




(DEV)