Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Menikah

Pelangi Karismakristi    •    Sabtu, 16 Dec 2017 13:09 WIB
diet
Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Menikah
Perempuan diet. Foto: Shutterstock

Jakarta: Wanita sering mengeluhkan berat badan setelah menikah. Sebelum menikah, perempuuan cenderung diet agar terlihat sempurna pada hari bahagia.

Kenaikan berat badan setelah menikah bisa disebabkan beberapa hal. Misal, diet tidak benar, prioritas yang mulai berubah, karena setelah menikah harus mengurus rumah sehingga melupakan sarapan, sering makan di luar bersama pasangan dan kehamilan.

Bila sudah tak nyaman dengan kondisi perut yang membuncit, Anda masih punya harapan agar lemak di perut susut dan berat badan turun:

1. Olahraga

Olahraga memberikan peranan penting dalam pembentukan tubuh. Latihan kardio dan angkat beban akan membuat tubuh Anda menjadi kencang. Bila tak nyaman dengan angkat besi, Anda bisa mencoba yoga yang bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

2. Teh hijau

Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan mencegah penyimpanan lemak dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga membantuk tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol.

3. Kunyah makanan perlahan

Kunyahlah makanan secara perlahan. Ini akan memberikan rasa cepat kenyang dan membantu menurunkan berat badan.

4. Sarapan pagi

Sarapan di pagi hari sangat penting dan akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Makan makanan yang berat mencegah makan berlebih pada siang hari.

Anda bisa juga memasukkan makanan ini ke dalam makanan harian yang akan membantu Anda fit setelah menikah:

1. Asparagus

Asparagus memiliki kemampuan mengeluarkan racun dan berperan sebagai diuretik untuk meringankan retensu air, yang menyebabkan perut kembung. Makanan ini juga merupakan sumber insulin, kaya serat yang bisa menjaga sistem pencernaan sehat.

2. Buah sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, kaya vitamin C dan potasium. Buah tersebut juga mengandung kalium yang membantu meredakan kembung serta antioksidan yang melawan peradangan yang terkait penyimpanan lemak di perut.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung mineral yang bisa mencegah kembung di perut.

4. Alpukat

Mengonsumsi alpukat secara teratur dapat mengurangi lemak perut, menjaga kesehatan jantung, serta mengurangi keinginan untuk menyantap makanan berkalori tinggi.

Selain tiga makanan di atas, Anda juga bisa menambahkan ikan, telur, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan buah beri. Selamat mencoba, ya!


(TRK)