Waktu Kerja yang Panjang jadi Salah Satu Penyebab Hipertensi

Torie Natalova    •    Senin, 08 Jan 2018 19:07 WIB
hipertensi
Waktu Kerja yang Panjang jadi Salah Satu Penyebab Hipertensi
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menurut studi Harvard University, lebih dari 15 persen orang meninggal di Amerika akibat tekanan darah tinggi. Meskipun gejalanya jarang terlihat, tekanan darah tinggi memicu risiko penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Obat-obatan memang dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, tetapi di sisi lain dapat menimbulkan efek samping seperti kram kaki, pusing dan insomnia.

Anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan beberapa cara alami dan sederhana. Pertama, miliki berat badan yang sehat, kemudian coba beberapa strategi ini untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

1. Perbanyak jalan kaki

Pasien hipertensi yang menjalani olahraga  jalan santai dapat menurunkan tekanan darahnya hingga 8mmHg. Olahraga membantu jantung menggunakan oksigen dengan lebih efisien sehingga meringankan kerja jantung.

2. Tarik napas dalam

Pernapasan yang lambat dan praktik meditasi seperi qigong, yoga, dan tai chi dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan renin, enzim ginjal yang berfungsi meningkatkan tekanan darah. Tarik napas dalam  dan lebarkan perut Anda. Cobalah teknik ini 5 menit di pagi dan malam hari.

3. Konsumsi kentang

Mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya potasium menjadi bagian penting untuk menurunkan tekanan darah. Makanan yang mengandung potasium lainnya antara lain ubi jalar, tomat, jeruk, kentang, pisang, kacang merah, melon, kismis dan plum.

4. Pilih cokelat hitam

Jenis cokelat hitam atau dark chocolate mengandung flavanols yang membuat pembuluh darah lebih elastis dan meningkatkan kemungkinan tekanan darah rendah. Pastikan cokelat yang Anda makan mengandung 70 persen kakao.

5. Beralih ke kopi tanpa kafein

Duke University Medical Center menemukan bahwa konsumsi kafein sekitar 500 mg atau sekitar tiga cangkir kopi dapat
meningkatkan tekanan darah. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dengan mengencangkan pembuluh darah dan memperbesar efek stres. Ketika Anda stres, jantung mulai memompa lebih banyak darah dan meningkatkan tekanannya.

6. Kurangi waktu bekerja

Melakukan lebih dari 41 jam kerja per minggu di kantor dapat meningkatkan risiko hipertensi Anda sebesar 15 persen, menurut studi Universit of California. Terus bekerja di kantor dapat membuat Anda sulit olahraga dan makan sehat, inilah yang memicu tekanan darah meningkat.

7. Atasi masalah mendengkur

Dengkuran yang keras dan tak henti-henti adalah salah satu gejala utama obstructive
sleep apnea (OSA). Peneliti Univeristy of Alabama menemukan bahwa banyak penderita sleep apnea yang memiliki kadar aldosteron tinggi, hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah.

8. Pilih kacang kedelai

Ganti karbohidrat dalam menu makanan Anda dengan makanan tinggi protein seperti kedelai atau susu rendah lemak yang dapat
menurunkan tekanan darah sistolik jika Anda memiliki hipertensi atau prehipertensi.





(DEV)