Tips Menghangatkan Tubuh Saat Cuaca Dingin

Raka Lestari    •    Kamis, 11 Jan 2018 11:03 WIB
tips & trik
Tips Menghangatkan Tubuh Saat Cuaca Dingin
Cairan panas tidak benar-benar menaikkan suhu internal Anda, namun memberi kesan hangat, ujar Michael Cirigliano, MD, seorang profesor kedokteran di University of Pennsylvania. (Foto: Alisa Anton/Unsplash.com)

Jakarta: Saat hujan dan cuaca dingin, hal yang paling nyaman dilakukan adalah dengan masuk ke dalam selimut yang hangat di atas tempat tidur dan sambil menghirup secangkir teh hangat.

Namun bagaimana jika Anda terpaksa harus melakukan kegiatan saat musim dingin? Berikut ini adalah hal yang bisa Anda lakukan saat cuaca dingin dikutip dari Reader's Digest: 

1. Fokus pada napas Anda
Dalam sebuah penelitian, para peserta menggunakan teknik meditasi "vas pernapasan" untuk menaikkan suhu tubuh inti menjadi 101 derajat. Mulailah dengan menghirup dalam-dalam. Saat menghembuskan napas Anda, kaitkan kedua otot perut dan panggul Anda sehingga perut bagian bawah Anda mengambil bentuk vas atau pot.

Membentuk tubuh seperti itu dapat membuat otot lebih bekerja untuk pernapasan yang menyebabkannya membuat lebih banyak panas dalam tubuh. 

(Baca juga: Manfaat Mandi Air Hangat Setara dengan Olahraga)


(Gunakan pakaian yang mudah kering seperti poliester, wol merino, sutra, atau campuran sintetis lainnya. Kemudian tambahkan kemeja lengan panjang sweater kardigan, atau rompi tebal. Foto: Larabelova/iStock)

2. Menggunakan pakaian berlapis
Menggunakan pakaian berlapis dapat mencegah panas alami tubuh keluar sehingga akan mencegah tubuh berkeringat yang dapat membuat lebih terasa dingin. Gunakan pakaian yang mudah kering seperti poliester, wol merino, sutra, atau campuran sintetis lainnya. Kemudian tambahkan kemeja lengan panjang sweater kardigan, atau rompi tebal. 

3. Makanlah sesuatu yang berlemak 
"Saat tubuh Anda mulai mencerna makanan, Anda akan merasa hangat karena tubuh Anda harus menyediakan energi untuk mencerna makanan yang baru Anda konsumsi," ujar Barry Swanson, seorang profesor dan ilmuwan makanan di Washington State University,  kepada Time. "Lemak merupakan pilihan yang terbaik karena bergerak perlahan melalui sistem pencernaan Anda."

4. Memikirkan hal-hal yang menyenangkan 
Satu studi menemukan bahwa memikirkan kenangan masa lalu benar-benar menghangatkan hati. Partisipan yang mengingat-ngingat kenangan masa lalunya memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap cuaca dingin yang hebat. 

5. Minum sesuatu yang hangat 
Cairan panas tidak benar-benar menaikkan suhu internal Anda, namun memberi kesan hangat, ujar Michael Cirigliano, MD, seorang profesor kedokteran di University of Pennsylvania, kepada Real Simple. "Mulut Anda termasuk bagian paling sensitif dari tubuh Anda," katanya. Cairan panas di daerah sensitif itu memberi Anda perasaan bahwa Anda sedang hangat. 









(TIN)