Kekurangan Vitamin Ini Tingkatkan Rasa Sakit saat Melahirkan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 16 May 2018 13:56 WIB
studi kesehatan
Kekurangan Vitamin Ini Tingkatkan Rasa Sakit saat Melahirkan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Vitamin D memiliki peran penting dalam tubuh manusia, terutama pada ibu hamil (bumil). Vitamin satu ini dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. 

Sebuah studi mendapatkan kesimpulan tersebut setelah meneliti asupan vitamin D pada 93 bumil. Para ahli tersebut juga mencari tahu seberapa banyak obat-obatan anti nyeri yang dibutuhkan saat melahirkan. 

Hasilnya, wanita dengan asupan vitamin D rendah membutuhkan obat-obatan anti nyeri lebih banyak dibandingkan wanita dengan asupan vitamin D lebih baik. 

"Kami menemukan bahwa pasien dengan tingkat vitamin D rendah mengalami peningkatan rasa sakit saat melahirkan," jelas Dr Andrew Geller, peneliti senior dilansir dari Mother and Baby.

Penelitian tersebut menyimpulkan, pencegahan dan pengobatan kadar vitamin D yang rendah pada wanita hamil mungkin memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan nyeri persalinan pada jutaan wanita setiap tahun.

Vitamin D tidak ditemukan dalam jumlah besar makanan, tetapi banyak terdapat pada ikan berminyak, telur, sereal, selai lemak, dan susu. Sementara, sumber vitamin D alami adalah paparan sinar matahari. 

Departemen Kesehatan merekomendasikan semua wanita hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung 10 mikrogram vitamin D.





(DEV)