Perbedaan Diet Keto dan Diet Paleo

Raka Lestari    •    Selasa, 24 Jul 2018 08:00 WIB
diet
Perbedaan Diet Keto dan Diet Paleo
Diet keto dan paleo keduanya memang sama-sama bisa menurunkan berat badan namun sangat membatasi makanan Anda. (Foto: Magalie De Preux/Unsplash.com)

Jakarta: Diet keto dan diet paleo merupakan diet yang akhir-akhir ini cukup banyak menarik perhatian. Meskipun terlihat serupa, yang sama-sama mengutamakan diet rendah karbohidrat, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan.

"Perbedaan utamanya adalah pada diet keto, sebagian besar kalori Anda berasal dari lemak, sedangkan pada diet paleo, sebagian besar berasal dari protein," jelas ahli gizi Keri Gans, RD, penulis The Small Change Diet. 

Diet Keto
Pada dasarnya, diet keto adalah bagaimana cara untuk mendapatkan tubuh Anda mengalami sebuah keadaan yang disebut ketosis, di mana Anda membakar lemak untuk bahan bakar sebagai pengganti energi tubuh Anda, yaitu karbohidrat.

Untuk melakukan ini, Anda perlu makan banyak lemak. "Pada diet keto, Anda perlu mendapatkan 60 hingga 80 persen kalori dari lemak, dan sisanya pada dasarnya harus berasal dari protein," kata Gans.

Anda dapat memiliki beberapa karbohidrat dalam diet, tetapi hanya sekitar 10 persen dari jumlah kalori harian Anda. 

Namun bukan berarti Anda dengan bebas mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti keju, karena keju memiliki kandungan laktosa yang sebenarnya adalah karbohidrat.

"Makanan berbahan dasar susu secara teknis diperbolehkan, namun Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak karena Anda perlu menurunkan karbohidrat dalam tubuh," ujar Gans. "Makanan penuh lemak seperti mentega, minyak zaitun, yang tidak memiliki banyak makronutrien lain."


("Memang diet paleo lebih baik daripada diet keto karena ada banyak pilihan makanan yang Anda konsumsi, tetapi itu semua kembali lagi tergantung kepada kemampuan masing-masing individu," ujar ahli gizi Keri Gans, RD, penulis The Small Change Diet. Foto: Brenda Godinez/Unsplash.com)

(Baca juga: Pentingnya Lemak dalam Diet Keto)

Diet Paleo
"Diet paleo jelas lebih bebas daripada diet keto, karena Anda memiliki lebih banyak pilihan, dan Anda dapat memiliki lebih banyak buah dan sayuran," kata Gans.

Diet paleo juga tidak memaksakan rasio super ketat seperti diet keto, sebaliknya diet paleo berfokus pada seluruh kelompok makanan seperti daging, buah-buahan dan sayuran, dan lemak sehat dan menghindari makanan seperti susu, makanan olahan, dan biji-bijian utuh ataupun yang sudah dihaluskan. 

"Pada dasarnya, ini adalah cara makan yang seharusnya sama dengan cara nenek moyang kita di Zaman Paleo makan," jelas Gans. "Itu berarti menjauhi makanan olahan atau diproses, kacang polong, biji-bijian, susu, apa pun yang tidak bisa dimakan manusia gua selama berburu dan berkumpul, tidak diperbolehkan."

Dari kedua jenis diet tersebut, keduanya memang sama-sama bisa menurunkan berat badan namun sangat membatasi makanan Anda. Namun menurut Gans, itu semua tergantung dari bagaimana kemampuan Anda untuk menjalani diet tersebut.

Ia juga mengatakan memang diet paleo lebih baik daripada diet keto karena ada banyak pilihan makanan yang Anda konsumsi, tetapi itu semua kembali lagi tergantung kepada kemampuan masing-masing individu. 




(TIN)