Tips agar Pakaian Tidak Rusak Dimakan Ngengat

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 24 Jun 2018 10:18 WIB
tips & trik
Tips agar Pakaian Tidak Rusak Dimakan Ngengat
(Foto: The Independent)

Jakarta: Tak sedikit orang yang mengalami masalah karena pakaiannya dirusak oleh serangga, terutama ngengat. Namun, bukan berarti hal itu tak bisa dihindari.

Ngengat cenderung senang dengan bahan pakaian yang mengandung keratin, dimana banyak terdapat pada pakaian wol, sutra, dan bulu.

Berikut adalah beberapa tips mencegah penyebaran ngengat pada pakaian menurut Paul Bates, direktur pengelola perusahaan pengendalian hama Cleankill, dilansir dari Independent.

1. Pakaian kotor
Jangan sekali-sekali menyimpan pakaian kotor di lemari. "Ini karena ngengat menyukai residu lembap yang ditinggalkan oleh area pakaian yang berkeringat."

2. Lapisi baju wol
Menyimpan pakaian wol dalam kantong tertutup dapat mencegah ngengat.

3. Periksa di balik perabotan
Area di belakang furnitur yang telah dilapisi plastik atau karpet di bagian bawah cenderung gelap sehingga menjadi lokasi ideal bagi larva untuk berkembang biak. Oleh karena itu sebaiknya memeriksa bagian bawah dan belakang furnitur sesekali.

4. Sedot debu (vacuum)
Pastikan beberapa area di rumah seperti bawah tempat tidur atau belakang radiator dibersihkan secara berkala. Gunakan pembersih vacuum untuk menyedot larva, bila ada.

5. Mencuci dengan suhu hangat
Untuk pakaian yang tidak memerlukan pencucian dingin, Bates merekomendasikan pengaturan mesin cuci di atas 48 derajat Celcius. Namun, Bates mengungkapkan bahwa cara terbaik menghindari ngengat berkembang biak adalah dengan cuci kering (dry cleaner).


 


(DEV)