Penyebab Kulit Kaki Bayi Mengelupas

Raka Lestari    •    Kamis, 07 Jun 2018 14:31 WIB
perkembangan anak
Penyebab Kulit Kaki Bayi Mengelupas
Pertumbuhan bayi sangatlah cepat begitu pula dengan kulit mereka. Salah satu hal yang paling sering terjadi dari kulit bayi adalah mengelupasnya kulit di bagian kaki. (Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

Jakarta: Pertumbuhan bayi sangatlah cepat begitu pula dengan kulit mereka. Salah satu hal yang paling sering terjadi dari kulit bayi adalah mengelupasnya kulit di bagian kaki bayi.

Namun, apakah penyebab dari kaki bayi yang mengelupas? Apakah itu sesuatu yang perlu dikhawatirkan? 

Menurut HealthLine, kulit di kaki bayi yang mengelupas bukanlah sesuatu yang luar biasa dan pada umumnya tidak perlu dikhawatirkan.

Proses itu disebut deskuamasi, yaitu pergantian lapisan dermis, yang umumnya berbentuk seperti lembaran-lembaran. Hal ini normal pada bayi yang baru lahir karena jumlah vernix, yaitu lapisan lengket yang menutupi bayi saat lahir. 

Saat vernix menghilang, lapisan dermis akan terlepas, dan Anda mungkin melihatnya terkelupas di kaki, jari kaki, pergelangan kaki, dan tangan. Meskipun itu terlihat sedikit menjijikan, namun hal itu bukanlah suatu masalah yang besar pada bayi yang baru lahir. 

Menurut Elizabeth Thompson, seorang perawat ibu dan anak dari Los Angeles mengatakan, "Kulit kaki bayi yang mengelupas adalah hal yang normal bagi bayi yang baru lahir, namun bagi bayi yang sudah agak lebih tua itu bisa jadi karena kulit kering atau infeksi." 


(Menurut HealthLine, kulit di kaki bayi yang mengelupas bukanlah sesuatu yang luar biasa dan pada umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Foto: Janko Ferli?/Unsplash.com)

(Baca juga: Kenali Gangguan Kulit pada Bayi)

Dia mengatakan bahwa sangat umum bagi bayi untuk sensitif terhadap objek yang bersentuhan dengan kulit mereka, dan ini dapat menyebabkan iritasi dan pengelupasan.

"Bahkan jika itu hanya kulit kering, daerah antara jari-jari kaki dan di telapak kaki biasanya akan mengelupas. Jika kelembapan bayi Anda cukup dan terhidrasi dengan baik, dan Anda melihat kaki bayi Anda masih mengelupas, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda," ujar Thompson. 

Jika anak Anda baru-baru ini mendapatkan pengobatan untuk penyakit tangan, kaki, dan mulut, kulit yang melepuh kadang-kadang juga terlihat seperti kulit yang mengelupas karena mereka sudah sembuh. 




(TIN)