Selain Wortel, Jeruk Juga Mampu Jaga Kesehatan Mata

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 18 Jul 2018 10:46 WIB
kesehatan mata
Selain Wortel, Jeruk Juga Mampu Jaga Kesehatan Mata
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minimal satu porsi buah jeruk tiap hari memiliki risiko penurunan terkena degenerasi makula. (Foto: Edgar Castrejon/Unsplash.com)

Jakarta: Penglihatan dapat mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Namun, bukan berarti tak ada cara untuk memperlambatnya. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minimal satu porsi buah jeruk tiap hari memiliki risiko penurunan terkena degenerasi makula sebanyak 60 persen pada 15 tahun ke depan. 

Degenerasi makula adalah kondisi kehilangan penglihatan di pusat bidang penglihatan karena penuaan usia. 

Kandungan flavonoid dalam buah tersebut adalah kuncinya. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang terdapat pada hampir semua buah dan sayur. Kandungan tersebut juga memiliki keuntungan antiperadangan pada sistem kekebalan. 

(Baca juga: Manfaat Buah Jeruk Untuk Kecantikan)


(Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minimal satu porsi buah jeruk tiap hari memiliki risiko penurunan terkena degenerasi makula sebanyak 60 persen pada 15 tahun ke depan. Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

"Pada dasarnya kami menemukan bahwa orang yang makan setidaknya satu porsi jeruk setiap hari memiliki penurunan risiko terkena degenerasi makula dibandingkan dengan orang yang tidak pernah makan jeruk," kata pemimpin penelitian Bamini Gopinath dari Universitas Sydney.

Bahkan, tambahnya konsumsi jeruk seminggu sekali memberikan manfaat yang signifikan dalam penglihatan. 

Penelitian yang dipublikasi dalam American Journal of Clinical Nutrition tersebut mewawancarai lebih dari 2.000 orang berusia di atas 50 tahun dan mengikuti para partisipan selama 15 tahun. 

Gopinath menjelaskan bahwa kebanyakan penelitian seputar mata sebelumnya berfokus pada nutrisi yang umum seperti vitamin C, E, dan A.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa flavonoid terdapat pada beberapa makanan lain seperti teh, apel, dan anggur merah. 




(TIN)