Empat Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 05 Apr 2018 12:38 WIB
kehamilan
Empat Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Melahirkan
Pijatan punggung yang lembut selama persalinan membantu mengatasi rasa sakit. Namun, pijat punggung harus diberikan oleh seorang ahli. (Foto: Heather Mount/Unsplash.com)

Jakarta: Nyeri saat persalinan adalah hal yang menakutkan bagi sebagian wanita. Namun, ada beberapa cara untuk membantu mengurangi gangguan tersebut. 

Berikut adalah cara untuk mengurangi rasa nyeri saat melahirkan tanpa menggunakan opsi medis.

1. Pijatan
Pijatan punggung yang lembut selama persalinan membantu mengatasi rasa sakit. Namun, pijat punggung harus diberikan oleh seorang ahli selama persalinan seperti perawat terlatih, ahli akupunktur atau tukang pijat profesional. Pijatan yang dilakukan dengan cara yang salah bisa mengakibatkan komplikasi saat persalinan.

(Baca juga: Plus Minus Melahirkan Normal dan Caesar)


(Pijatan punggung yang lembut selama persalinan membantu mengatasi rasa sakit. Namun, pijat punggung harus diberikan oleh seorang ahli. Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

2. Water birth
Banyak wanita memilih water birth karena ini membantu mengurangi rasa sakit. Ketika terendam dalam air, tubuh tidak akan merasa kesaitan sehingga tahap awal persalinan bisa lancar. 

3. Bantalan hangat
Bantalan hangat yang ditaruh di belakang punggung dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat proses melahirkan. 

4. Suntikan air steril intradermal
Metode suntikan air steril intradermal efektif untuk menghilangkan nyeri punggung saat persalinan. Dilansir dari Thehealthsite.com, prosedur yang perlu dilakukan adalah menyuntikkan air steril (0,1 ml hingga 0,2 ml) pada bagian punggung bawah (sakrum). Suntikan ini biasanya diberikan selama tahap pertama persalinan. 







(TIN)