Gigitan Nyamuk Tak Selalu Berbahaya Bagi Anak

Raka Lestari    •    Kamis, 28 Jun 2018 11:18 WIB
kesehatan anak
Gigitan Nyamuk Tak Selalu Berbahaya Bagi Anak
(Foto: Jforcs)

Jakarta: Banyak orang tua merasa khawatir jika bayinya terkena gigitan serangga, terutama gigitan nyamuk. Rasa gatal dan kulit yang menjadi kemerahan biasanya membuat bayi menjadi rewel.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena efek gigitan nyamuk tak seburuk yang Anda pikirkan.

Menurut Dr Geraldine Summa, dokter anak bersertifikat untuk Summit Medical Group, gigitan serangga bukanlah masalah besar. 

"Kebanyakan gigitan atau serangga menyebabkan rasa tidak nyaman dan reaksi yang diberikan cukup ringan. Sedikit gatal atau sakit dan pembengkakan ringan adalah hal yang biasa," ujarnya seperti dilansir Romper.

Mayo Clinic mencatat bahwa umumnya dokter anak dapat langsung mengidentifikasi apakah nyamuk yang menggigit anak berbahaya atau tidak. Selain itu, hanya nyamuk betina yang bisa menggigit karena nyamuk jantan mendapatkan makanan dari nektar bunga.

Ada beberapa risiko yang terkait dengan gigitan nyamuk, tetapi Seattle Children's Hospital mencatat bahwa itu jarang terjadi. Namun, jika bayi Anda terlihat lesu, mengalami ruam yang menyebar dengan cepat karena gigitan nyamuk, mengalami demam atau sakit kepala, segera periksakan ke dokter.




(DEV)