Ternyata Begini Cara Janin Menerima Makanan dalam Kandungan

   •    Rabu, 28 Nov 2018 17:42 WIB
kehamilan
Ternyata Begini Cara Janin Menerima Makanan dalam Kandungan
Bagaimana janin mendapatkan asupan makanan? Simak informasinya berikut ini. (Foto: Alicia Petresc/Unsplash.com)

Jakarta: Selama kehamilan Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara janin mendapat makanan selama berada dalam kandungan? Mungkin beberapa ibu hamil sudah tahu bahwa plasenta atau yang dikenal dengan sebutan ari-ari memiliki peranan penting dalam hal ini.

Makanan janin termasuk oksigen dan air, semuanya disalurkan melalui aliran darah Anda. Sedangkan ampas pencernaan bayi seperti Co2 (karbondioksida) juga dikeluarkan melalui aliran darah.

Di dalam plasenta atau ari-ari, darah ibu mengalir melalui pembuluh darah kapiler. Molekul yang ada di dalam darah Anda seperti glukosa, protein, lemak, oksigen dan lainnya akan sampai ke bayi dengan cara ini, dilansir dari BabyCenter.


(Di dalam plasenta atau ari-ari, darah ibu mengalir melalui pembuluh darah kapiler. Foto: Luma Pimentel/Unsplash.com)

(Baca juga: Membangun Ikatan dengan Bayi di Kandungan, Para Ayah Bisa Lakukan Ini)

Ternyata melalui suplai darah Anda, makanan janin disalurkan. Nutrisi yang ada di dalam darah akan diserap oleh jaringan pembuluh darah yang mengandung suplai darah si kecil. Darah berisi nutrisi ini kemudian akan mengalir melalui tali pusar ke tubuh si kecil.

Jadi, apapun yang Anda makan, darah akan berisi nutrisi ini mengalir ke tubuh janin melalui tali pusar. Oleh karena itu, harus betul-betul mencermati apa yang masuk ke dalam tubuh Anda selama kehamilan. Hindari juga makanan dan minuman yang sekiranya akan membahayakan bagi si kecil seperti alkohol misalnya.

Setelah mengetahui prosesnya, tentu Anda harus berhati-hati dalam menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Pastikan hanya memakan makanan yang baik bagi si kecil yang masuk ke dalam tubuh Anda.


Maria Fransiska





(TIN)