Penelitian: Remaja dengan Obesitas Kurang Menikmati Makanan

Raka Lestari    •    Jumat, 16 Nov 2018 11:00 WIB
obesitas
Penelitian: Remaja dengan Obesitas Kurang Menikmati Makanan
Para peneliti menjelaskan bahwa pada masa-masa remaja atau pubertas, berbanding lurus dengan rasa ketidakpuasan yang tinggi pada tubuh. (Foto: Jasmin Schreiber/Unsplash.com)

Jakarta: Obesitas dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference, obesitas dan pembatasan makanan dikaitkan dengan tingkat menikmati makanan yang lebih sedikit. 

Dengan kata lain, menurut studi ini orang dengan obesitas mungkin tidak terlalu menikmati makanan yang mereka konsumsi. 

Para peneliti melakukan pengamatan terhadap 552 remaja berusia antara 11-17 tahun dari beberapa sekolah menengah di Granada pada penelitian ini. 

Dan hasilnya para peneliti menemukan bahwa para remaja yang melakukan berbagai jenis pembatasan diet, bersama dengan mereka yang mengalami obesitas dan mereka yang memiliki gangguan makanan, merasa tidak begitu tertarik, bernafsu, dan menikmati makanan yang disajikan di hadapan mereka. 


(Obesitas dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference, obesitas dan pembatasan makanan dikaitkan dengan tingkat menikmati makanan yang lebih sedikit. Foto: Hermes Rivera/Unsplash.com)

(Baca juga: Cegah Obesitas pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua)

Para peneliti menjelaskan bahwa pada masa-masa remaja atau pubertas, berbanding lurus dengan rasa ketidakpuasan yang tinggi pada tubuh mereka sendiri. 

Inilah yang menjadi kunci untuk mengembangkan perilaku makan yang berisiko, yang berhubungan dengan pembatasan makanan yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan gangguan makan dan bersamaan juga dengan kelebihan berat badan atau obesitas. 

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa memiliki hubungan yang baik dengan makanan dan tingkat menikmati makanan yang tinggi dapat menjadi faktor utama dalam mencegah gangguan makan atau berat badan yang tidak terkontrol. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah perspektif terhadap keinginan untuk menikmati makanan dan mulai menikmati makanan dengan memakannya secara perlahan dan mengadopsi pola makan yang sehat. 




(TIN)