Tips Meditasi Sederhana dari The Happiest Man on Earth

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 14 Oct 2016 14:12 WIB
meditasi
Tips Meditasi Sederhana dari The Happiest Man on Earth
Pada intinya, bukan durasi meditasi yang penting, namun kualitas meditasi yang lebih penting. (Foto: Dreamtime)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang mempertanyakan bagaimanakah metode meditasi terbaik untuk menciptakan ketenangan batin. Apakah rahasianya?

"Arti dari meditasi ada tidak memikirkan apapun," jawab meditator kelas dunia Yongey Mingyur Rinpoche dalam konfrensi pers Teaching Tour 2016, Kamis (13/10/2016).

Lebih dalam ia menjelaskan bahwa dalam meditasi, seseorang membatasi pikiran negatif yang ada dalam otak dengan cara merilekskan tubuh dengan metode pernapasan yang alami.

(Baca juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi)

Salah satu metode yang cukup sederhana adalah metode meditasi pernapasan dimana seseorang berfokus menghitung pola pernapasan yang biasa dilakukan sehingga tidak terdistraksi oleh berbagai macam pikiran yang menghampiri.

"Saat kita menghitung banyaknya jumlah hembusan napas kita selama kurun waktu tertentu, kita membiarkan pikiran-pikiran lewat begitu saja. Jika kita kehilangan hitungan, artinya kita sudah tak fokus meditasi," terang pria yang dijuluki The Happiest Man on The Earth tersebut.

Posisi saat melakukan meditasi pun terbilang mudah. Cukup dengan alas yang membuat nyaman posisi tubuh yang tegap dimana tulang punggung tidak bungkuk agar lebih bisa berkonsentrasi dan membuat penapasan lebih baik.

"Bagi pemula, cobalah lima menit dulu. Kemudian semakin lama, tambahkan lima menit jika sudah terbiasa. Pada intinya, bukan durasi, namun kualitas meditasi yang penting," tutupnya.





(TIN)

Video /