Pewarna Alami pada Sayur Tingkatkan Fungsi Otak Orang Lanjut Usia

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 26 Nov 2016 14:00 WIB
sayuran
Pewarna Alami pada Sayur Tingkatkan Fungsi Otak Orang Lanjut Usia
Pewarna Alami pada Sayur Tingkatkan Fungsi Otak Orang Lanjut Usia (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa senyawa yang memberikan warna cerah pada tanaman dan sayuran kemungkinan dapat meningkatkan fungsi otak pada orang lanjut usia.

Dalam penelitian sebelumnya, beberapa komponen yang bernama karotenoid ini, yaitu lutein dan zeaxanthin, telah terbukti meningkatkan kesehatan mata dan kognitif pada orang tua.

"Yang belum diketahui dari penelitian ini adalah bagaimana mekanisme saraf yang mendasari hubungan antara senyawa ini dengan kognisi," ujar penulis penelitian.

Lutein dan zeaxanthin telah ditunjukkan dalam penelitian sebelumnya meningkatkan kesehatan mata dan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

"Apa yang tidak diketahui adalah mekanisme saraf yang mendasari hubungan antara senyawa ini dan kognisi," kata penulis pertama studi Cutter Lindbergh dari Franklin College of Arts and Sciences, University of Georgia di Amerika Serikat.

Mereka menemukan bahwa pasrtisipan studi yang memiliki tingkat senyawa tersebut lebih rendah dalam tubuh harus menggunakan kekuatan otak lebih keras untuk menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan ingatan.

"Jika Anda dapat menunjukkan fakta dalam mekanisme ini, maka Anda bisa menggunakan suplemen gizi atau mengobah pola makan sehingga bisa melakukan intervensi dan meningkatkan kognisis pada orang dewasa yang lebih tua," demikian menurut peneliti studi studi L. Stephen Miller, Profesor di University of Georgia.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan karotenoid adalah wortel, aprikot, mangga dan bayam.

Para peneliti menggunakan teknologi MRI fungsional untuk mengukur aktivitas otak dari sekitar 40 orang tua berusia 68-86 tahun saat mereka tengah mengingat kata yang telah diajarkan oleh pasangan mereka sebelumnya.

Hasilnya, orang-orang dengan tingkat lutein dan zeaxanthin lebih tinggi tidak memerlukan aktivitas otak lebih banyak untuk menyelesaikan tugas. Sementara, hal sebaliknya terjadi pada mereka yang tidak mengkonsumsi banyak komponen karotenoid tersebut.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konsumsi dua kandungan tersebut dapat membuat kerja otak lebih efisien.




(ELG)

Video /