Ini Alasan Cheating Day Saat Diet Itu Penting

Torie Natalova    •    Minggu, 19 Mar 2017 10:45 WIB
diet
Ini Alasan <i>Cheating Day</i> Saat Diet Itu Penting
(Foto: Women's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengawasi secara ketat asupan yang masuk ke dalam tubuh tentu sangat melelahkan. Hal itulah yang sering dialami orang yang sedang diet. Tanpa disadari, hal itu kemudian memicu depresi.

Studi yang baru-baru ini dirilis peneliti di University of Sydney memberi angin segar bagi peserta diet. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa tak membatasi asupan makanan justru bisa menurunkan berat badan. Namun "istirahat diet" ini hanya bisa bertahan sampai dengan tiga hari. Hal ini pada umumnya dikenal sebagai "cheating day."

Amanda Salis, Associate Professor at University of Sydney's Boden Institute of Obesity, Nutrition, Exercise & Eating Disorders menjelaskan, bahwa mengambil waktu istirahat dari diet beberapa hari dapat membantu menurunkan berat badan. Cheating day diperlukan untuk mencegah tubuh masuk ke "mode kelaparan."

Ketika tubuh Anda memasuki mode tersebut, tubuh justru memperlambat metabolisme. Tubuh memberi sinyal kepada otak untuk tidak membakar banyak kalori.

Dengan cheating day, tubuh akan memberi sinyal ke otak untuk membakar kalori di tingkat yang lebih cepat.

Meski penelitian dilakukan pada tikus percobaan, namun para peneliti memprediksi jika hasil penelitian berlaku pada manusia, ketika Anda kembali ke pola makan diet, waktu istirahat Anda bisa benar-benar meningkatkan efisiensi penurunan berat badan.


 


(DEV)