Begini Cara Melatih Gerak Motorik Jari Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 24 May 2017 17:32 WIB
perkembangan anak
Begini Cara Melatih Gerak Motorik Jari Anak
Ada berbagai cara untuk mulai merangsang gerak motorik anak, termasuk mengajari makan secara mandiri. (Foto: Tinylove.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berbagai cara untuk mulai merangsang gerak motorik anak, termasuk mengajari makan secara mandiri sejak dini yang bisa dimulai dengan makan dengan menggunakan tangan.

"Untuk usia 7-14 bulan, kita dapat melatih perkembangan motorik dengan cara membuatkannya mengambil makanan sendiri dengan tangan," ujar psikiater anak Dr. dr. Thjin Wiguna SpKJ (K) dalam acara peluncuran Nestle Cerelac Nutripuffs, Rabu 24 Mei 2017.



Selain menggunakan otot tangan, aktivitas tersebut juga melatih koordinasi mata dan tangan dimana saat meraih makanan, anak dituntut untuk bisa memasukkan makanan ke dalam mulut dimana tangan dan mata akan melakukan koordinasi.

(Baca juga: 6 Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Harus Diketahui Orangtua)

Selain mengambil makanan secara mandiri, koordinasi anak bisa dinilai saat belajar menulis.

"Perhatikan saat menulis, apakah tulisannya semakin naik atau turun. Jika iya, maka itu berarti dia masih belum bisa koordinasi dengan baik," terangnya.



Permulaan latihan gerak motorik halus sendiri umumnya dimulai sejak usia anak menginjak 2 bulan dimana anak sudah bisa menggunakan tangan sendiri, yaitu menghisap jempol.

Selanjutnya, pada usia yang lebih besar perlu dilakukan pelatihan gerak motorik yang lebih luas seperti memakai alat makan atau alat warna. 







(TIN)