Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) Diajarkan Sejak Dini

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 26 May 2017 19:28 WIB
kesehatan dan produktivitas
Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) Diajarkan Sejak Dini
Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah salah satu hal yang penting bagi wanita, oleh karena itu program yang berkaitan dengan MKM diajarkan sejak dini. (Foto: Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah salah satu hal yang penting bagi wanita, oleh karena itu program yang berkaitan dengan MKM diajarkan sejak dini.

MKM berfokus pada bagaimana wanita harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi, memiliki akses untuk pembuangannya, dan dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga.

Untuk jenjang sekolah, Kementerian Kesehatan berusaha mendukung hal tersebut dengan beberapa program, salah satunya Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

"Kami mengajarkan perihal MKM melalui kegiatan UKS pada anak Sekolah Dasar karena saat ini menstruasi tak lagi hanya di bangku SMP dan SMA," ujar dr. Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jumat 26 Mei 2017.

Pembelajaran MKM juga dibarengi dengan beberapa program kebersihan lain, seperti cara mencuci tangan, yang masuk dalam Perilaku Hidup Bersih Sehat.



(Baca juga: Darah Haid Bisa Jadi Petunjuk Kesehatan Perempuan)

Selain itu, terdapat juga panduan kesehatan secara umum yang disebut dengan Rapor Kesehatan Sekolah untuk menunjang persebaran informasi seputar kesehatan pada anak-anak. Agar lebih efektif, beberapa sekolah bahkan mempelajari buku tersebut bersama-sama.

"Sebelum jam masuk sekolah, anak-anak membaca secara bergantian agar mereka bisa belajar cara kebersihan dengan baik," tambahnya.

Eni menambahkan, beberapa informasi kesehatan reproduksi dasar sebaiknya sudah mulai diajarkan sejak dini untuk menghindari munculnya penyakit-penyakit pada organ tersebut.

"Misalnya bagaimana cara cebok yang benar, yaitu dari depan ke belakang, dan mengapa perlu dua lapis menggunakan pakaian," terangnya.

Selain sekolah, MKM juga baiknya diajarkan oleh orangtua sebagai lingkungan terdekat anak secara terbuka.

"Keterbukaan dari orangtua juga penting. Zaman sekarang kalau anak menstruasi, yang pertama dikasih tahu bukan orangtua, tapi teman. Padahal pengetahuan temannya juga belum banyak," pungkasnya.








(TIN)