9 Makanan Alami untuk Kesehatan

Torie Natalova    •    Selasa, 01 Aug 2017 12:06 WIB
kesehatan
9 Makanan Alami untuk Kesehatan
Makanan yang mengandung kalium tinggi seperti salmon, alpukat, pepaya, kentang, plum, dan kurma membantu tubuh mengatur kadar garam sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. (Foto: Epicurrence/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Suplemen seringkali dikonsumsi oleh sebagian orang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Suplemen memang lebih mudah didapat dan dikonsumsi karena tidak perlu mengolahnya lagi.

Namun, ada beberapa suplemen yang mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan. Jika Anda mengonsumsi pil suplemen, ada banyak zat tidak alami yang akan masuk ke dalam tubuh.

Suplemen memang akan menjadi obat yang penting untuk membantu ketika Anda sakit atau mencoba mengobati kondisi medis tertentu. 

Saat tubuh dalam kondisi sehat, Anda dapat menghindari suplemen dan memilih untuk mengonsumsi beberapa makanan berikut yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh.



1. Leucine
Leucine membantu merangsang sintesis protein otot yang lebih baik dari asam amino lainnya. Leusin baik untuk kesehatan otot dan banyak ditemukan pada daging sapi, ayam, ikan, kalkun, dan telur.



2. Nitrat oksida
Oksida nitrat membantu menjaga darah mengalir ke seluruh bagian tubuh. Oksida nitrat baik untuk kesehatan jantung dan banyak ditemukan pada makanan seperti buah bit, bayam dan bok choy.



3. Lutein dan Zeaxanthin
Kedua senyawa ini sangat penting untuk kesehatan mata. Mereka dapat memperbaiki kesehatan retina dan tingkat degenerasi makula yang mempengaruhi penglihatan. Lutein dan zeaxanthin banyak ditemukan pada makanan seperti kale, bayam dan telur. 



4. Asam salisilat
Asam salisilat dapat melawan rasa sakit dengan mengendalikan peradangan dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam salisilat tinggi antara lain asparagus, nektarin, kunyit dan paprika.

(Baca juga: Rutin Konsumsi Kacang Kenari Tingkatkan Kinerja Usus)



5. Serat tidak larut
Serat yang tidak larut seperti sapu yang membersihkan saluran pencernaan Anda, termasuk membawa karsinogen keluar dari tubuh. Kacang, biji-bijian, lentil merupakan beberapa makanan yang mengandung serat tidak larut.



6. Theanine

Asam amino ini mampu menurunkan tingkat kecemasan dan stres serta meningkatkan rasa tenang. Minumlah teh hijau yang mengandung theanine tinggi untuk membuat suasana hati selalu baik.



7. Kalium
Kalium membantu tubuh mengatur kadar garamnya sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Makanan yang mengandung kalium tinggi seperti salmon, alpukat, pepaya, kentang, plum, dan kurma.



8. Magnesium
Kacang polong, lentil, biji labu dan labu merupakan sumber magnesium terbaik. Magnesium dapat mencegah nyeri otot dan sendi, sakit kepala serta migrain.



9. Beta-sitosterol
Senyawa ini mampu menjaga kesehatan prostat serta menjaga arus urine tetap lancar. Beberapa sumber makanan yang tinggi beta-sitosterol yaitu minyak nabati, kacang pistachio, biji wijen dan alpukat.










(TIN)