Asam Lambung Naik Makin Parah di Usia Senja

Torie Natalova    •    Jumat, 28 Jul 2017 11:27 WIB
kesehatan pencernaan
Asam Lambung Naik Makin Parah di Usia Senja
Jika beberapa makanan memicu heartburn dan rasa mulas ikut berkembang setelah mengonsumsi makanan yang biasa disantap, ini bisa disebabkan oleh bertambahnya usia Anda. (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda mungkin pernah merasakan heartburn atau rasa panas yang membakar di dada. Ini bisa terjadi akibat naiknya asam lambung yang biasanya dirasakan oleh penderita mag.

Namun, jika beberapa makanan memicu heartburn dan rasa mulas ikut berkembang setelah mengonsumsi makanan yang biasa disantap, ini bisa disebabkan oleh bertambahnya usia Anda.

Gejala mulas yang umum termasuk rasa sakit yang membakar di dada Anda dan biasanya terjadi setelah makan, dan seringkali akan lebih memburuk di malam hari dan semakin parah saat Anda berbaring atau membungkuk.



Menurut ahli pencernaan Kyle Staller, heartburn sangat umum terjadi dan seringkali meningkat dikaitkan dengan bertambahnya usia. 

Kondisi ini menjelaskan mengapa minum kopi espresso saat perut kosong tidak masalah saat usia Anda 20 tahunan, tetapi di usia 30 tahunan perut akan bermasalah.

Setiap orang memiliki beberapa bentuk refluks asam atau saat asam lambung merembes ke kerongkongan alias pipa makanan dan mengganggunya. Tetapi, Dr. Kyle mengatakan ada alasan mengapa Anda akan mengalami sakit mag lebih sering saat ini.

Seiring bertambahnya usia, beberapa faktor bisa ikut berperan sehingga asam surutnya memburuk dan bisa menyebabkan heartburn.

(Baca juga: 4 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan)

Pertaman, sfingter di atas perut Anda yang terbuka untuk membiarkan segalanya masuk ke perut cenderung sedikit rileks seiring waktu. Meski masih berfungsi tapi ini tidak dapat menutup secepat saat usia Anda masih muda. Inilah yang membiarkan asam lambung merayap naik ke kerongkongan.

Selanjutnya, sistem pecernaan Anda cenderung melambat dari waktu ke waktu. Artinya, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk mengosongkan makanan saat Anda bertambah tua. 

Ketika makanan, terutama yang berlemak dan digoreng tergantung di perut Anda untuk jangka waktu lebih lama, kemungkinan berpotensi sebabkan rasa panas dalam perut.



Akhirnya, orang akan cenderung bertambah gemuk saat mereka bertambah tua. Jika tubuh membesar, ini bisa memberi tekanan pada perut dan otot perut Anda, mendorong lebih banyak asam ke kerongkongan Anda.

Jika Anda mengalami sakit mag yang lebih teratur, ada baiknya menemui dokter untuk mengendalikan gejala naiknya asam lambung. Jika obat-obatan tidak dapat mengatasi sakitnya, dokter akan memeriksa pencernaan lebih dalam untuk mengetahui masalahnya.









(TIN)