Ubi Ungu Efektif Mencegah Kanker Usus Besar

Raka Lestari    •    Senin, 25 Sep 2017 17:56 WIB
studi kesehatan
Ubi Ungu Efektif Mencegah Kanker Usus Besar
(Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengonsumsi ubi ungu dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker usus besar, menurut sebuah penelitian baru-baru ini. Peneliti mengatakan buah dan sayuran berwarna lainnya seperti brokoli dan anggur merah, bisa memberikan dampak positif yang sama.

Temuan ini juga menemukan, diet pelangi mengandung anti inflamasi yang dapat mencegah penyakit kronis.

Seorang professor ahli pangan Jairam Vanamala membenarkan, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, jantung, bahkan kanker.

Studi pada babi, yang memiliki sistem pencernaan yang sangat mirip dengan manusia menemukan bahwa ubi ungu dapat menekan penyebaran sel induk kanker usus besar.

Babi-babi tersebut memiliki enam kali lebih sedikit protein yang merusak yang disebut dengan IL-6 (interleukin-6) yang memicu tumor dan penyakit inflamasi usus lainnya dibandingkan pada kelompok yang tidak terkontrol makanannya.

Timnya mengatakan bahwa memakan makanan utuh yang mengandung zat gizi makronutrien - dibutuhkan manusia dalam jumlah besar seperti protein - dan juga mikro dan fitonutrien seperti vitamin, karotenoid dan flavonoid, dapat mengubah jalur IL-6.




(DEV)