Menulis Jurnal Bermanfaat Sebagai Terapi Pascacerai

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 11 May 2017 17:25 WIB
kesehatan mental
Menulis Jurnal Bermanfaat Sebagai Terapi Pascacerai
(Foto: Medical Daily)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang memiliki kebiasaan menulis jurnal, pertahankan hobi positif tersebut karena sebuah penelitian dari University of Arizona menemukan bahwa menulis rutin juga memiliki manfaat dari segi kesehatan.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa menulis jurnal setelah mengalami perceraian dapat membuat kesehatan jantung seseorang semakin baik. Studi melibatkan 109 orang partisipan yang bercerai, kemudian membagi kelompok untuk menuangkan tulisan berjenis ekspresif, ekspresif naratif, dan non-emosional tentang aktivitas keseharian.

Para partisipan diminta menulis selama 20 menit selama tiga hari berturut-turut.

Kesehatan fisik dan mental para patisipan telah didokumentasikan sebelum percobaan agar bisa digunakan sebagai perbandingan.

Semua jenis penulisan jurnal memberikan dampak positif pada para partisipan, terutama penulisan naratif ekspresif. Mereka memiliki denyut jantung rendah dan variabilitas denyut jantung yang lebih tinggi, yang dianggap sebagai indikator kesehatan yang baik.

"Instruksi eksplisit untuk menulis sebuah naratif baik bagi orang yang telah mengalami masa-masa sulit. Struktur ini dapat membantu orang mendapat pemahaman dari pengalaman mereka sendiri untuk terus menjalani hidup, daripada terus berkutat dengan emosi negatif," ujar pemimpin studi Kyle Bourassa.


(DEV)