Cara Mengobati Kulit Kecoklatan Akibat Terbakar

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 26 Aug 2017 21:39 WIB
kesehatan kulit
Cara Mengobati Kulit Kecoklatan Akibat Terbakar
Cara Mengobati Kulit Kecoklatan Akibat Terbakar (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Suhu udara yang tinggi menyebabkan kulit menjadi coklat karena paparan sinar matahari yang menyengat. Oleh karena itu, diperlukan perlindungan maksimal bagi kulit.

Dr. Rasna Kapoor selaku dokter kulit senior di Kaya Skin Clinics memberikan satu cara agar kulit terbakar dapat diobati secara maksimal, meskipun tak bisa 100 persen, yaitu dengan menggunakan SPF (Sun Protection Factor).

SPF sebaiknya digunakan setiap hari dalam cuaca apapun. Hal ini dikarenakan kandungan SPF dapat membatasi kerusakan akibat UV-B dan UV-A pada kulit. Gunakan secara teratur dimana baiknya diaplikasikan 15-20 menit sebelum keluar rumah. Oleskan kembali setelah 3-4 jam untuk melindungi kulit secara maksimal.

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan menjadi kemerahan setelah menggunakan SPF, sebaiknya gunakan pilihan lain seperti memakai payung atau tak keluar lama-lama saat matahari sedang terik.

Namun, bagi Anda yang terlanjur mengalami kulit terbakar, berikut adalah beberapa bahan keseharian yang bisa digunakan untuk mengobati atau mengurangi efek terbakar tersebut.

1. Campurkan besan (tepung gram) dengan dadih atau susu untuk dioleskan pada daerah yang kecoklatan akibat terbakar.

2. Kombinasikan tepung oat dengan susu dan oleskan pada daerah yang kecoklatan akibat terbakar.

3. Oleskan susu pada bagian kulit yang terbakar karena cairan tersebut mengandung asam laktat yang bisa meringankan rasa perih akibat terbakar.

Pada tingkat klinis, Anda dapat menggunakan berbagai bentuk perawatan seperti pengelupasan kimiawi dan perawatan pencahayaan laser yang membantu kulit kembali seperti semula dalam waktu lebih cepat.


 


(ELG)