5 Efek dari Nomophobia

Yatin Suleha    •    Kamis, 15 Jun 2017 18:06 WIB
nomophobia
5 Efek dari Nomophobia
Penderita nomophobia memiliki kecenderungan terhadap tingkat stres yang tinggi. Tingkat stres inilah yang kemudian menjadikan tingkat emosional orang tersebut menjadi tidak stabil. (Foto: Donna Immobiliare)

Metrotvnews.com, Jakarta: No mobile phone phobia atau nomophobia merupakan kondisi seseorang yang secara psikologis selalu merasa takut, gelisah atau tidak nyaman saat tidak memegang ponsel. 

Saat ini, kebanyakan orang berfikir bahwa ketergantungan terhadap smartphone bukanlah permasalahan yang serius. Padahal ada beberapa efek yang cukup berbahaya yang dapat ditimbulkan oleh nomophobia. Di antaranya seperti di bawah ini:

(Baca juga: Gelisah tanpa Ponsel, Tanda Nomophobia?)



1. Stres
Penderita nomophobia memiliki kecenderungan terhadap tingkat stres yang tinggi. Tingkat stres inilah yang kemudian menjadikan tingkat emosional orang tersebut menjadi tidak stabil.



2. Kurang Fokus
Penderita nomophobia akan memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan smartphone-nya. Hal inilah yang menyebabkan pikiran orang tersebut akan selalu fokus dengan smartphone-nya, meskipun dia sedang melakukan aktivitas lain. 

Ketidakfokusan ini akan menjadi fatal apabila orang tersebut sedang melakukan aktivitas berbahaya seperti berkendara, mengoperasikan alat berat, dan lain sebagainya.



3. Kurang interaksi terhadap lingkungan sekitar

Penderita nomophobia menghabiskan lebih banyak waktu dengan membuka jejaring sosial atau bermain di smartphone-nya. 

Mereka akan terjebak dengan kebahagiaan semu yang mereka dapatkan di dunia maya. Penderita nomophobia lebih mementingkan interaksi dengan dunia maya dibanding berinteraksi dengan lingkungan sosial disekitarnya.



4. Insomnia
Salah satu efek stres yang diakibatkan oleh nomophobia dapat diekspresikan dalam bentuk gejala insomnia. Rasa tidak mau berpisah dengan smartphone pada malam hari kemudian memberi sugesti pada otak agar terus menerus menggunakannya sehingga mengusir rasa kantuk. Penderita nomophobia biasanya tidak bisa jauh dari smartphone ketika beranjak tidur.



5. Kurang produktif
Terlalu sering menggunakan smartphone saat bekerja dapat berpotensi menggangu konsentrasi dalam beraktivitas. Tentunya konsentrasi akan terbagi antara aktivitas dengan aplikasi atau fitur pada smartphone.







(TIN)