Berapa Banyak Olahraga yang Perlu Dilakukan dalam Seminggu?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 Aug 2017 16:35 WIB
olahragakesehatan
Berapa Banyak Olahraga yang Perlu Dilakukan dalam Seminggu?
Anda seharusnya olahraga minimal tiga kali seminggu jika ingin mencapai target kesehatan dan kebugaran dalam jangka waktu tertentu sehingga tetap sehat. (Foto: Becca Matimba/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada banyak pertimbangan ketika memilih jenis olahraga yang akan dilakukan sebagai rutinitas. "Jenis olahraga yang Anda lakukan cenderung berdasarkan kemampuan, target, kesenangan, peralatan yang tersedia, cedera yang dimiliki, dan berapa banyak waktu yang Anda miliki," ujar pelatih personal Tom Mans pada The Independent. 

Menurut Mans, orang-orang cenderung menghabiskan sedikit waktu di gym untuk mencapai target yang dibuatnya. Padahal, olahraga sekali atau dua kali per minggu tak akan memberi banyak perkembangan pada kebugaran tubuh. 

"Anda seharusnya olahraga minimal tiga kali seminggu jika ingin mencapai target kesehatan dan kebugaran dalam jangka waktu tertentu sehingga tetap sehat," jelas Mans. 



(Baca juga: Manfaat Olahraga di Pagi Hari)

Berolahraga lima kali seminggu adalah yang paling ideal, sayangnya tak semua orang memiliki waktu tersebut sehingga tiga kali adalah yang paling tepat. 

"Anda akan mendapat rangsangan olahraga yang cukup besar dalam seminggu dimana tubuh akan beradaptasi sehingga menjadi lebih kuat, lebih ramping, dan lebih bugar."

Dalam satu kali sesi, Mans menyarankan untuk berolahraga 45-60 menit. Waktu tersebut terbagi dalam 10 menit pemanasan dan menggerakkan tubuh, 30-40 menit olahraga beban, dan 5-10 menit pendinginan dan peregangan. 

Terkait olahraga beban, Mans menanggapan bahwa sebaiknya olahraga tersebut tak dilakukan tiga hari berturut-turut, kecuali Anda seorang pengangkat beban profesional. Namun, dua hari berturut-turut masih tergolong aman. 



"Jika Anda tak memberi waktu untuk otot beristirahat, hal tersebut akan membuat sendi dan tendon sakit."

Mans juga menekankan pentingnya cukup tidur, sekitar 7-8 jam, bagi mereka yang rutin berolahraga. "Tubuh akan bertambah kuat, membakar lemak, dan membangun kembali jaringan otot yang rusak saat Anda tidur, setelah Anda berolahraga di siang hari," pungkas Mans.











(TIN)