7 Langkah untuk Mencegah Kerusakan Mata Akibat Diabetes

Torie Natalova    •    Selasa, 06 Jun 2017 11:42 WIB
diabetes
7 Langkah untuk Mencegah Kerusakan Mata Akibat Diabetes
(Foto: Rodalewellness)

Metrotvnews.com, New York: Diabetes menyerang 12-14 ribu orang setiap tahun dan bertanggung jawab atas 8 persen hilangnya penglihatan di Amerika Serikat. Ini menjadikan diabetes sebagai penyebab kebutaan baru pada orang yang berusia 20-74 tahun.

Retinopati diabetik merupakan komplikasi diabetes tipe 2 yang paling umum dan sering menyerang orang yang berusia 30 tahun ke atas. Istilah ini mengacu pada kerusakan retina terkait diabates.

Peneliti mengatakan, pengecekan tahunan untuk retinopati diabetes dan mengelola faktor risiko diabetes akan membantu mengurangi kemungkinan kebutaan yang disebabkan oleh penyakit gula ini. Berikut adalah beberapa strategi terbaik untuk menyelamatkan penglihatan Anda.

1. Menglola gula darah

Menjaga agar gula darah sedekat mungkin dengan angka normal untuk meminimalkan kerusakan akibat retinopati dan memperlambat perkembangannya. Tanpa pengobatan dan kontrol darah yang kuat, retinopati diabetik biasanya semakin memburuk.

2. Koreksi penglihatan Anda

Orang dengan diabetes yang juga memiliki masalah penglihatan seringkali tidak menyadari penglihatan mereka akan membaik dengan resep kacamata yang tepat. Cobalah untuk mendapatkan resep kacamata atau lensa kontak yang tepat dari dokter.

3. Perhatikan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah Anda mendekati normal dapat menyelamatkan penglihatan Anda. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di mata. Jaga tekanan darah pada tingkat yang sehat dengan cara yang alami seperti olahraga, penurunan berat badan, perbanyak makan buah dan sayur serta biji-bijian.

4. Perbanyak asupan ikan

Lemak omega 3 pada ikan membantu melindungi perkembangan retinopati. Peneliti melaporkan bahwa meningkatkan asam lemak omega 3 dan mengurangi asam lemak omega 6, dapat mengurangi area kehilangan pembuluh darah yang menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah abnormal dan kebutaan.

5. Makan lebih banyak blueberry

Antioksidan dalam buah merah dan ungu dapat membantu mengurangi kerusakan mata akibat sinar matahari dan penuaan, sekaligus meningkatkan aliran darah sehat ke mata Anda. Studi juga menunjukkan pigmen tanaman tersebut dapat memperlambat perkembangan retinopati diabetes dengan memperkuat dinding pembuluh darah.

6. Sering mengunyah kacang

Studi dari Harvard Medical Scholl menemukan bahwa memakan kacang setidaknya seminggu sekali memperlambat penurunan penglihatan hingga 40 persen. Lemak sehat pada kacang-kacangan diduga dapat mencegah kelebihan lemak total dari penyumbatan arteri di mata Anda, sama seperti melindungi arteri di hati Anda.

7. Tetap tenang dan santai

Rileks dan tenang dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda sehingga menurunkan risiko komplikasi seperti retinomati diabetes dan kebutaan. Anda bisa memulai dengan mencoba 15 hal santai yang bisa dilakukan sebelum tidur. Stres dapat memicu hormon yang menaikkan gula darah.


(DEV)