Terapi Musik Bantu Kurangi Nyeri Punggung Pasca Operasi

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Apr 2017 15:47 WIB
studi kesehatan
Terapi Musik Bantu Kurangi Nyeri Punggung Pasca Operasi
Integrasi terapi musik dalam pengobatan untuk mengobatin nyeri pasca operasi adalah hal yang unik. (Foto: Medicaldaily.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang senang mendengarkan musik karena memiliki banyak manfaat secara mental, seperti memotivasi, menginspirasi, bahkan menyembuhkan patah hati. 

Sebuah penelitian baru bahkan menyebutkan bahwa lagu yang tepat dapat membantu mengurangi rasa sakit karena cedera punggung. 

Studi yang dilakukan Mount Sinai Hospital and Medical School tersebut mengungkapkan bahwa terapi musik dapat dimasukkan ke dalam bagian perawatan pemulihan cedera tulang belakang. 

Studi tersebut menemukan bahwa pasien yang sedang dalam masa pemulihan pasca operasi tulang belakang akan megalami rasa nyeri yang lebih sedikit bila mereka melakukan terapi musik, dibandingkan dengan terapi tradisional. 

(Baca juga: Cara Kerja Musik dan Tari dalam Perkembangan Otak Anak)

Terapi musik dilakukan dari pasien untuk pasien, seperti misalnya pertunjukan langsung, bernyanyi bersama, atau bermain alat musk instrumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak manfaat yang diperoleh dari terapi musik tersebut, terutama untuk membantu mereka yang nyeri setelah operasi. 

"Integrasi terapi musik dalam pengobatan untuk mengobatin nyeri pasca operasi adalah hal yang unik. Pasien pasca operasi tulang belakang sangat berisiko mengalami nyeri," tukas John Mondanaro selaku pemimpin studi. 

Studi tersebut melibatkan 60 pasien berusia 40-55 tahun yang telah menjalani berbagai jenis operasi tulang belakang dan mengalami nyeri baik sebelum atau sesudah terapi musik. 

Kelompok pertama mendapatkan sekita 30 menit waktu terapi musik selain perawatan tradisional sementara kelompok lain hanya mendapatkan perawatan tradisional yang menggunkaan obat. 

Hasilnya, terdapat perbedaan yang jelas antara kelompok pertama dan kedua terkait tingkat rasa nyeri yang dialami. 






(TIN)