Makanan yang Membantu Proses Berhenti Minum Alkohol

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 23 May 2017 12:52 WIB
kesehatan
Makanan yang Membantu Proses Berhenti Minum Alkohol
Ternyata kandungan antioksidan yang banyak terdapat pada minyak kelapa membantu memelihara dan menyembuhkan otak. (Foto: Prosourcecoconut.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menghentikan kebiasaan merokok bukanlah perkara mudah. Dalam proses tersebut, akan ada beberapa gejala yang terjadi pada tubuh seperti sakit kepala, depresi, hingga rasa cemas.

Untuk membantu mengurangi hal-hal yang tak membuat nyaman tersebut, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat proses berhenti minum alkohol semakin lancar.

(Baca juga: Ini Bahaya Konsumsi Kafein Campur Alkohol)



1. Labu pahit
Labu pahit membantu memghilangkan racun dalam tubuh dan menyembuhkan kerusakan hati karena konsumsi alkohol. Tambahkan tiga sendok teh ekstrak sari dari daun labu pahit ke dalam segelas susu di pagi hari saat perut dalam keadaan kosong.



2. Biji labu dan biji rami

Kedua jenis biji tersebut kaya akan asam amino yang dapat menstabilkan suasana hati sehingga membantu menghilangkan siklus kecanduan alkohol.



3. Dandelion

Dandelion membantu meringankan gejala saat berhenti minum alkohol sekaligus meremajakan jaringan hati dan meningkatkan produksi empedu. Tambahkan satu sendok teh akar dandelion kering pada segelas air rebus dan konsumsilah 2-3 kali sehari.



4. Kurma
Kurma dapat mengurangi hasrat mengidam, mengganti nutrisi yang hilang, dan membersihkan racun dalam hati. Rendamlah 3-4 buah kurma tanpa biji dalam segelas air dan minumlah dua kali sehari selama 1-2 bulan.



5. Seledri
Seledri tak hanya mengurangi keinginan minum alkohol, namun juga mengurangi racun dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Campurkan setengah gelas sari seledri dengan setengah gelas air biasa dan minumlah dua kali sehari.



6. Minyak kelapa

Konsumsi alkohol menyebabkan tekanan oksidatif yang dapat menganggu metabolisme glukosa otak. Kandungan antioksidan yang banyak terdapat pada minyak kelapa membantu memelihara dan menyembuhkan otak. Cukup tambahkan 1-2 sendok teh minyak kelapa pada makanan sehari-hari.







(TIN)