3 Kebiasaan untuk Membuat Kopi Anda Lebih Sehat

Yatin Suleha    •    Senin, 29 May 2017 14:03 WIB
kopi
3 Kebiasaan untuk Membuat Kopi Anda Lebih Sehat
Ken Immer, CCHE mengatakan bahwa versi kopi yang lebih sehat bisa Anda ciptakan yaitu dengan menambahkan butter dan santan kelapa. (Foto: Pinterest/Instagram)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sudah banyak yang menyebutkan bahwa kopi mampu menyehatkan Anda. Sekarang Anda bisa juga menambahkan beberapa bahan yang juga bisa meningkatkan kesehatan ketika Anda membuat kopi.

Dilansir dari Rd.com, beberapa bahan berikut ini bisa membuat acara mengopi Anda jadi lebih baik sekaligus lebih sehat.

(Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Semangat Pagi Tanpa Minum Kopi)



1. Menambahkan kayu manis
Jika Anda penyuka kopi, Bridget Swinney, MS, RD menyebutkan bahwa Anda bisa menambah bubuk kayu manis. Atau jika tak ada bubuknya, campurkan batang kayu manis bersih untuk mengaduk kopi Anda.

Swinney mengatakan bahwa kayu manis memiliki antioksidan yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah Anda. Menambahkan kayu manis bisa membantu memotong asupan gula yang ada di dalam kopi Anda. "Selain antioksidan, kayu manis juga mengandung antibakteri dan anti peradangan," ucap Swinney.



2. Pengganti makan siang
Beberapa orang, menurut Adina Pearson, RD, sering menjadikan kopi sebagai pengganti makan siang saat Anda tak sempat sarapan. Ini juga berlaku saat ada rapat penting yang sudah melewati jam makan siang.

Pearson mengatakan bahwa ini karena kopi bisa menekan keinginan stimulasi Anda untuk makan. "Kopi bisa jadi stimulan untuk menutupi sementara rasa lapar Anda. "Jangan menunda makan setelah selesai meeting, karena Anda pastinya butuh karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan lainnya," ungkap Pearson.



3. Butter dan santan kelapa
Ken Immer, CCHE, selaku presiden sekaligus ketua culinary officer di Culinary Health Solutions mengatakan pernahkan terbersit di benak Anda untuk menambahkan butter dan santan kelapa ke dalam kopi Anda?

Immer menjelaskan bahwa versi kopi yang lebih sehat bisa Anda ciptakan yaitu dengan menambahkan kedua bahan di atas. Hal tersebut karena butter dan santan kelapa memiliki rantai lemak-medium, dan jenis lemak ini bermanfaat untuk menurunkan triglycerides dan menaikkan HDL.

"Lemak dari butter dan santan kelapa merupakan kombinasi yang bisa meningkatkan energi Anda di pagi hari," ungkap Immer. Ia juga mengatakan kopi yang tercampur butter dan santan kelapa bisa membuat Anda tetap sedikit merasa lebih kenyang hingga waktunya Anda makan siang. "Tambahan nutrien juga bisa Anda dapatkan, apalagi jika Anda memilihi butter yang organik."








(TIN)