Berbagai Keluhan Ibu Hamil

Yatin Suleha    •    Jumat, 11 Nov 2016 13:27 WIB
kehamilan
Berbagai Keluhan Ibu Hamil
Ternyata persentase keluhan ibu hamil terbanyak adalah stretch mark yang dialami 70-90 persen. (Foto: Pinimg)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa keluhan selama hamil berikut ini memang banyak dirasakan. Selain morning sickness yang paling umum terjadi, keluhan apa lagi yang kira-kira menduduki peringkat terbanyak dalam hal ini?

Dirangkum dari Department of Dermatology di Stanford University School of Medicine, parents.com, dan tulisan Jacalyn J. McComb, Reid Norman, Mimi Zumwalt melalui "The Active Female: Health Issues Throughout the Lifespan" kami paparkan datanya berikut ini:

1. Stretch mark
Ternyata persentase keluhan ibu hamil terbanyak adalah stretch mark yang dialami 70-90 persen. "Umumnya timbul pada trimester ke-3, terutama bulan 8-9 kehamilan," papar Dr. Grace NS Wardhana, SpKK dari Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta.

(Baca juga: 10 Cara Jalani Kehamilan Sehat untuk Wanita Obesitas)

2. Lumbar pain 
Lumbar pain atau biasa dikenal dengan sakit pinggang menurut Dr. Adrian W. Tarigan, SpOT, Pakar Bedah Ortopedi dari RS Jakarta terjadi pada 50-80 persen ibu hamil. "Nyeri pinggang dari ringan, akut, hingga kronis. Baik sakit pinggang atau punggung, sama-sama sering diderita. Tapi penderita sakit pinggang atau lumbar pain 80 persen lebih banyak."

3. Morning sickness
Mual dan muntah menurut Dr. Novan Satya Pamungkas, SpOG dari Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta menerangkan bahwa kejadian morning sickness pada ibu hamil mencapai 50-90 persen.

4. Back pain
Nyeri punggung pada ibu hamil menduduki persentase 50-70 persen. Dan semakin besar perut Anda, sakitnya kemungkinan bisa bertambah buruk.

5. Heartburn
Walau hanya menduduki 50 persen persentasenya, namun rasa sensasi hangat, terbakar, serta tidak nyaman pada ibu hamil terjadi selama trimester dua dan tiga. Seringnya heartburn terjadi setelah makan atau saat tidur.







(TIN)