Olahraga Sejak Kecil Pengaruhi Prestasi Akademik Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 Nov 2016 20:33 WIB
kesehatan anak
Olahraga Sejak Kecil Pengaruhi Prestasi Akademik Anak
Olahraga Sejak Kecil Pengaruhi Masa Dewasa (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan olahraga sebaiknya dilakukan sedini mungkin karena aktivitas positif ini tak hanya memberi manfaat pada kesehatan, tapi juga pada kehidupan sosial saat dewasa.

"Ada perbedaan antara anak yang sejak kecil berolahraga dengan anak yang tidak. Mereka yang lebih aktif biasanya memiliki prestasi akademik yang lebih baik," ujar dr. Andi Kurniawan, SpKO dalam acara Media Gathering Taiwan Excellence by TAITRA, di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Berdasarkan beberapa penelitian, anak yang gemar berolahraga lebih baik dalam hal konsentrasi. Rangsangan zat endorfin dalam tubuh akibat sering olahraga membuat daya tangkap anak semakin baik.

Selain itu, tingkat kepercayaan diri anak juga meningkat sehingga kemampuan bersosialisasi pun semakin besar.

"Hal ini akan berdampak hingga anak dewasa di mana ia menjadi mudah bergaul dan itu akan memberi banyak keuntungan di jangka panjang," tambahnya.

Selain itu, anak yang sudah terbiasa berolahraga juga akan membawa kebiasaan olahraga hingga usia mereka dewasa sehingga badan yang sehat dapat dipertahankan dalam jangka waktu lama.

"Oleh karena itu, sebaiknya anak dimasukkan ke dalam ekstrakulikuler yang bersifat olahraga, tak les akademik melulu," sarannya.




(ELG)