Konsumsi Sebutir Telur per Hari Kurangi Risiko Stroke

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 Nov 2016 11:01 WIB
studi kesehatan
Konsumsi Sebutir Telur per Hari Kurangi Risiko Stroke
(Foto: Livestrong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan, mengonsumsi sebutir telur per hari membantu mengurangi risiko terkena stroke sebesar 12 persen.

Satu butir telur mengandung enam gram protein berkualitas tinggi, lutein antioksidan, zeaxanthin yang terdapat dalam putih telur, dan berbagai macam vitamin yaitu E, D, dan A.

"Telur memiliki banyak kandungan nutrisi positif yang terbukti dapat mengurangi tekanan oksidatif dan inflamasi. Telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik, yang dapat menurunkan tekanan darah," ujar pemimpin penelitian Dominik Alexander dari EpidStat Institute, Michigan, Amerika Serikat.

Dalam studi tersebut, tim membuat tinjauan sistematik dan meta analisis pada periode 1982-2015. Mereka mengevaluasi hubungan antara konsumsi telur dan penyakit koroner pada 276 ribu partisipan, serta penyakit stroke pada 308 ribu partisipan.

"Studi tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara konsumsi telur dan penurunan risiko penyakit jantung tidak begitu besar. Sementara, terdapat efek menguntungkan yang terlihat pada penyakit stroke," tambah Tia M. Rains, Interim Direktur Executive Director di Egg Nutrition Center.

Kenali Gejala Penyakit Stroke




(DEV)