Penyebab Badan Terasa Sakit Setelah Bangun Tidur

Torie Natalova    •    Kamis, 03 Nov 2016 15:25 WIB
informasi kesehatan
Penyebab Badan Terasa Sakit Setelah Bangun Tidur
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda merasa seluruh badan nyeri usai bangun tidur? Padahal, Anda tidur dengan waktu yang cukup dan merasa nyenyak.

Badan yang terasa sakit usai bangun tidur tak hanya disebabkan oleh posisi tidur yang miring atau bantal yang buruk. Tampaknya, peradangan yang parah menimbulkan rasa sakit ketika bangun tidur.

Para peneliti dari University Manchester memeriksa sel-sel manusia dan tikus dengan penyakit radang sendi yang sehari-hari merasakan kekakuan saat bangun tidur.

Peneliti menemukan ketika tikus terkena cahaya konstan, cakar mereka lebih bengkak, yang artinya ada peradangan yang cukup tinggi di dalam darah. Sementara, ketika berada dalam kegelapan, tanda-tanda peradangan menurun.

"Pada malam hari, tanda peradangan tersebut menurun, tapi meningkat lagi pada pagi hari," kata penulis studi Julie Gibbs.

Ia menjelaskan, ada satu protein spesifik dalam sel yang mengatur sirkadian tubuh, cryptochrome. Protein ini diketahui bisa juga menyebabkan peradangan.

Melalui penelitian yang lebih lanjut, peneliti percaya tim medis nantinya bisa mengembangkan pengobatan untuk mengatasi protein ini sehingga dapat mengurangi peradangan.

Sementara itu, ritme sirkadian juga memengaruhi tingkat nyeri. Ritme sirkadian adalah proses biologis yang berpatokan pada siklus 24 jam atau siklus pagi-malam yang memengaruhi sistem fungsional tubuh manusia.

Salah satu hal mudah untuk mengatasi nyeri adalah mengubah kebiasaan tidur. Pada umumnya, sirkadian sehat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk menghindari rasa nyeri pada sendi setelah bangun tidur, atur waktu tidur dan bangun Anda lebih konsisten dan teratur, termasuk pada akhir pekan.
 


(DEV)