Tips Mengatasi Heartburn saat Hamil

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 Nov 2016 15:16 WIB
kehamilankesehatan ibu
Tips Mengatasi Heartburn saat Hamil
Tips Mengatasi Heartburn saat Hamil (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat hamil, banyak wanita mengalami heartburn atau rasa panas di dada. Kondisi ini adalah  di mana ibu hamil merasa panas atau terbakar di daerah dada.

Gangguan pencernaan atau asam lambung memainkan peran penting dalam heartburn. Makanan tertentu bisa menyebabkan naiknya asam lambung sehingga memicu rasa panas di dada.

Cara-cara berikut ini dapat membantu Anda mengurangi atau mengatasi heartburn yang muncul saat kehamilan.

1. Makan dalam porsi kecil namun sering. Ini lebih membantu mengurangi heartburn dibanding makan sekaligus dalam jumlah banyak. Selain itu, kunyah secara perlahan makanan Anda. Ini bisa membuat sistem pencernaan Anda tidak bekerja terlalu berat.

2. Minum setidaknya 8 gelas air putih sehari, setiap jam. Bisa juga menambahkan air kelapa.

3. Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat mengatasi rasa sakit heartburn, sehingga Anda mengurangi minum obat lambung.

4. Hindari berbaring setelah makan. Tetap dalam posisi tegak atau duduk setidaknya satu jam setelah makan untuk membantu tubuh mencerna makanan lebih baik.

5. Makan sesendok yogurt setelah makan. Probiotik dalam yogurt dapat membantu menetralisir asam dalam perut dan esofagus.

6. Hindari cokelat, saus tomat, buah jeruk, minuman berkafein, bawang putih, bawang merah, dan makanan yang pedas. Makanan tersebut mengandung asam yang dapat memicu kenaikan asam lambung dan heartburn.

7. Cobalah dua cara latihan pernapasan berikut ini:

- Duduk dengan kaki disilangkan dan letakkan tangan Anda pada pergelangan kaki. Tarik napas melalui hidung, rasakan napas di perut saat melengkungkan punggung dan melihat ke atas. Buang napas melalui mulut Anda saat melihat ke bawah dan tegakkan punggung. Ulangi ini lima kali sehari.

- Saat duduk di kursi, rapatkan jari-jari Anda di belakang kepala dan tarik napas melalui hidung. Rasakan napas pindah ke perut dan jantung. Buang napas melalui mulut Anda saat menekan siku ke belakang dan ke bawah. Ulangi ini lima kali sehari.


(ELG)