Nutrisi yang Penting Untuk si Kecil

Yatin Suleha    •    Jumat, 14 Oct 2016 09:00 WIB
kesehatan anak
Nutrisi yang Penting Untuk si Kecil
Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, anak Anda memiliki kebutuhan gizi. (Foto: Parents)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai nutrisi sangat dibutuhkan oleh si kecil, tidak hanya untuk pertumbuhannya, namun juga untuk perkembangannya yang maksimal.

Pengaruh nutrisi bagi si kecil
Pasti Anda bertanya, seberapa besar sih nutrisi bisa memengaruhi pertumbuhan si kecil? “Ternyata gen adalah faktor yang paling penting, tapi anak tidak dapat menggapai potensi genetiknya tanpa nutrisi yang cukup,” jelas Dr. Daniel Rauch, MD, lektor kepala ilmu kesehatan anak di Mount Sinai School of Medicine, New York City. 

Jika dia mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, kemungkinan besar anak Anda tidak perlu multivitamin. Namun American Academy of Pediatrics menyarankan semua bayi, anak, dan remaja mendapat dosis vitamin D harian sebesar 400 IU yang penting bagi pertumbuhan. 

Karena sulit mendapatkan vitamin D hanya dari makanan, anak Anda mungkin memerlukan suplemen harian setelah lahir kecuali dia mengonsumsi minimal 1 liter susu formula yang diperkaya vitamin D setiap hari.

(Baca juga: Cara dan Manfaat Diet Seimbang pada Anak)

Berbagai nutrisi penting
Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, anak Anda memiliki kebutuhan gizi khusus. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang ia perlukan.

1. DHA
Mengapa DHA penting? DHA adalah jenis asam lemak omega-3 yang berkontribusi terhadap perkembangan otak. DHA dalam tiga tahun pertama kehidupan si kecil, masa ketika otak tumbuh dengan pesat.

Sumber DHA: Ikan berlemak seperti salmon dan mackerel kaya akan DHA. Makanan lain seperti telur dan susu juga mengandung DHA.

2. Kalsium
Mengapa kalsium penting? Kalsium diperlukan untuk membangun gigi dan tulang yang kuat.

Sumber kalsium: Makanan dari susu seperti susu, keju, dan yogurt. Ikan sarden, brokoli, bayam, sereal juga kaya kalsium.

3. Zat Besi
Mengapa zat besi penting? Zat besi berguna untuk mengikat oksigen dan menyebarkannya ke tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, membuat anak cepat marah dan lelah.

Sumber zat besi: Daging merah, buncis dan kacang polong. Makanan yang diperkaya zat besi lainnya adalah sereal dan roti.

4. Vitamin C
Mengapa vitamin C penting? Vitamin C membantu membangun jaringan tisu, otot, kulit yang sehat, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sumber vitamin C: Buah jeruk, stroberi, paprika, brokoli, tomat, dan kubis.

5. Prebiotik
Mengapa prebiotik penting? Prebiotik adalah jenis karbohidrat yang ditemukan di beberapa makanan. Prebiotik dibutuhkan tubuh mengatur penyerapan air dalam sistem pencernaan. Prebiotik juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Sumber prebiotik: Prebiotik bisa didapatkan di gandum (sereal gandum, roti gandum, dan pasta). Selain itu, pisang, apel, ubi jalar juga mengandung prebiotik.








(TIN)