Pamer di Media Sosial Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 05 Dec 2017 11:13 WIB
media sosialdiet
Pamer di Media Sosial Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?
Media sosial akan membantu dalam berbagi pengetahuan dan menciptakan saluran umpan balik yang baik. (Foto: Pixabay)

Jakarta: Media sosial dapat memberi dampak baik dan buruk bagi para penggunanya. Kali ini, sebuah penelitian menemukan bahwa media sosial bahkan dapat membantu menurunkan berat badan. Bagaimana caranya?

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of California melihat adanya kesempatan menjadi lebih langsing dengan bantuan Facebook, Snapchat, dan Instagram.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa membagikan detail tahapan saat menjalani program penurunan berat badan, dalam semua fase baik atau buruk, di media sosial adalah faktor penting yang membantu mencapai tujuan berolahraga.

Tak jarang kita melihat pengguna media sosial memamerkan diri mereka yang melakukan swafoto di tempat gym, menu sarapan, seberapa jauh mereka sudah berlari, hingga bentuk tubuh mereka setelah berolahraga.


(Media sosial akan membantu dalam berbagi pengetahuan dan menciptakan saluran umpan balik yang baik. Foto: Pixabay)

Hal tersebut memang bisa menimbulkan kecemburuan, namun studi berjudul Weight Loss Through Virtual Support Communities: A Role for Identity-based Motivation in Public Commitment menyebutkan bahwa penting untuk memamerkan hal-hal tersebut di media sosial.

(Baca juga: 5 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat)

Studi tersebut mengungkapkan, "Individu akan semakin berpartisipasi dalam komunitas pendukung virtual (VSC) dimana mereka melakukan berbagai aspek dalam hidup dengan orang yang kemungkinan tak pernah ditemui secara personal, dan mereka berinteraksi dalam komunikasi tersebut untuk mencapai berbagai tujuan."

Penelitian tersebut melihat bahwa individu cenderung mencapai tujuan mereka ketika membuat komitmen publik.

Artinya, jika Anda berniat menurunkan berat badan, unggahlah pengalaman Anda selama menjalani proses.


(Sebuah studi yang dilakukan oleh University of California melihat adanya kesempatan menjadi lebih langsing dengan bantuan Facebook, Snapchat, dan Instagram. Foto: Pixabay)

Penelitian tersebut mengatakan bahwa kebiasaan tersebut akan membantu membentuk komunitas pendukung virtual yang menciptakan lingkungan anonimitas, aksesibilitas, ketersediaan, dan fleksibilitas yang sempurna, yang dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan dengan lebih baik.

Media sosial akan membantu dalam berbagi pengetahuan dan menciptakan saluran umpan balik yang baik.

Dorongan yang diberikan oleh komunitas kebugaran yang berpikiran sama di situs media sosial seperti Facebook dan Instagram akan membantu Anda tetap berpegang pada tujuan, lebih baik dari sebelumnya.










(TIN)