Mitos-mitos Makanan yang Bermanfaat untuk Tubuh

Raka Lestari    •    Rabu, 27 Dec 2017 13:32 WIB
kesehatan
Mitos-mitos Makanan yang Bermanfaat untuk Tubuh
Cokelat mengandung magnesium, zat kimia yang dapat meningkatkan mood. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Banyak mitos-mitos yang belum tentu kebenarannya namun dipercayai oleh orangtua. Ada beberapa mitos di bawah ini yang meskipun belum dapat dibuktikan kebenarannya namun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Berikut ini adalah daftar mitos-mitos tersebut dikutip dari Reader's Digest.

1. Makan tomat dapat mencegah dari terbakar sinar matahari
Penelitian menunjukkan bahwa lycopene pada tomat berfungsi sebagai antioksidan, membantu melindungi sel dari polusi, kerusakan akibat sinar matahari, dan penuaan dini.

Menurut Michigan Medicine di The University of Michigan, mengonsumsi 6 miligram suplemen lycopene setiap hari dari ekstrak tomat akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Mengonsumsi tomat segar juga baik untuk Anda. Selain itu lindungi kulit dengan selalu pakai tabir surya.

2. Oatmeal dapat membantu meringankan gigitan serangga
Oatmeal mengandung fenol dan antioksidan lainnya yang membantu meredakan iritasi, mengurangi peradangan, dan meredakan gatal. Anda bisa menggosokkan oat pada bekas gigitan serangga, baik itu dengan menggunakan krim yang mengandung oat atau dengan membuatnya sendiri di rumah. Campur oatmeal dengan air untuk membuat pasta yang kental, oleskan pada gigitan serangga tersebut kemudian diamkan. Bilas sesudah merasa baikan.

(Baca juga: Ingin Jantung Sehat, Makan Salmon)


(Cokelat mengandung magnesium, zat kimia yang dapat meningkatkan mood. Foto: Pixabay.com)

3. Sup ayam dapat menyembuhkan pilek
Studi menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru dengan memperlambat aktivitas sel darah putih yang menyebabkan masalah.

4. Cokelat dapat meringankan kram perut saat menstruasi
Cokelat mengandung magnesium, zat kimia yang dapat meningkatkan mood. Dengan sedikit gula dan lemak dibanding susu cokelat, dark chocolate merupakan alternatif yang lebih sehat.

5. Ikan adalah makanan otak
Kandungan omega-3 dan 6 dalam minyak ikan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Minyak ikan, terbukti memiliki khasiat antiinflamasi yang melindungi pembuluh darah dan membantu mengurangi rasa kaku dan nyeri pada sendi, juga membantu mencegah penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan rheumatoid arthritis. Ikan yang paling baik adalah salmon liar dari Alaska, makarel, sarden, dan black cod.

6. Mengonsumsi satu apel setiap hari 
Penelitian telah menunjukkan bahwa fenol dalam apel melindungi dari kerusakan DNA (dan kanker). Apel juga kaya akan serat yang membantu mencegah penyakit jantung dan berguna saat mencoba mempertahankan berat badan yang sehat.









(TIN)