Hindari Lakukan Ini Demi Kulit Wajah Mulus

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 04 Jan 2018 08:00 WIB
kesehatan kulit
Hindari Lakukan Ini Demi Kulit Wajah Mulus
Tangan membawa kuman dan bakteri sehingga menyentuh wajah dengan tangan dapat memindahkan kuman tersebut ke kulit wajah, yang berujung pada masalah kulit. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Memiliki kulit wajah yang mulus adalah impian banyak orang untuk membantu menunjang penampilan. Namun beberapa kebiasaan justru dapat merusak kulit. Berikut adalah kebiasaan yang dilakukan dalam keseharian dan memberi dampak buruk pada kulit. 

1. Mencuci wajah secara berlebihan
Kebanyakan orang dengan tipe kulit berminyak sering mencuci wajah dengan sabut dan air. Ini adalah kesalahan umum. Sabun kemungkinan mengandung terlalu banyak alkalin dan kebisaan tersebut dapat merusak keseimbangan asam alkalin (pH) kulit. Akibatnya, kulit menjadi berjerawat karena kandungan alkalin lebih besar dari asam. 

2. Percaya begitu saja pada ahli kecantikan 
Jika Anda memiliki kulit kombinasi dan berminyak, hindari pijat dengan krim berminyak. Hal tersebut dapat mengaktifkan kelenjar minyak sehiangg menyumbat pori-pori.

Pada kulit normal hingga berminyak, perawatan di salon biasanya termasuk membersihkan pori secara mendalam, pengelupasan melalui scrub, toning, masker, dan berbagai hal lain dimana akan memberi efek buruk bila terkena pada bagian kulit yang berjerawat. 


(Tangan membawa kuman dan bakteri sehingga menyentuh wajah dengan tangan dapat memindahkan kuman tersebut ke kulit wajah, yang berujung pada masalah kulit. Foto: Pixabay.com)

3. Menggunakan produk berbasis minyak
Orang dengan tipe kulit berminyak sebaiknya menggunakan produk bebas minyak, seperti pelembap bebas minyak atau tabir surya berbentuk gel. 

(Baca juga: Awet Muda dengan 4 Cara Mudah)

4. Terlalu banyak menggunakan krim
Hindari penggunaan krim malam bagi pemiliki kulit normal dan berminyak. Kebiasaan tersebut dapat menambah asupan minyak ke kulit, bahkan pada tipe kulit kering.

Pori-pori seharusnya bebas dari krim sehingga bisa bernapas. Saat musim ekstrem, hindari menggunakan krim mata sepanjang malam karena dapat membuat kulit di sekitar tersebut membengkak. Usap krim mata secara perlahan setelah 15 menit penggunaan dengan kapas lembut. 


(Jika Anda memiliki kulit kombinasi dan berminyak, hindari pijat dengan krim berminyak. Hal tersebut dapat mengaktifkan kelenjar minyak sehiangg menyumbat pori-pori. Foto: Pixabay.com)

5. Menggunakan zat kimia keras
Kebiasaan tersebut dapat mengganggu keseimbangan kulit normal. Meski demikian, zat tersebut membantu dapat mengurangi minyak dan mencegah penyumbatan di pori-pori pada musim panas. Namun, jika terlalu keras, coba campurkan dengan air mawar dan simpan dalam keadaan dingin. 

6. Tak memakai tabir surya
Pastikan kulit terlapisi tabir surya dan ulangi pemakaian setiap satu jam. 

7. Menyentuh wajah dengan tangan
Tangan membawa kuman dan bakteri sehingga menyentuh wajah dengan tangan dapat memindahkan kuman tersebut ke kulit wajah, yang berujung pada masalah kulit. 










(TIN)