Realisasikan Resolusi Anda dengan Kebiasaan Berikut Ini

Raka Lestari    •    Rabu, 03 Jan 2018 11:39 WIB
resolusi
Realisasikan Resolusi Anda dengan Kebiasaan Berikut Ini
Tuliskan rencana-rencana yang harus Anda lakukan untuk mencapai resolusi Anda. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Setiap tahun baru biasanya orang berlomba-lomba memiliki resolusi dalam hidupnya. Mulai dari memiliki resolusi untuk menjaga pola makan agar lebih baik, menurunkan berat badan, berolahraga atau melepaskan sesuatu yang mereka sangat sukai misalnya saja cokelat atau makanan berlemak.

Secara teori, resolusi untuk mengembangkan atau mengubah perilaku menjadi lebih baik merupakan sesuatu yang baik. Namun terkadang hal itu sulit terukur berbeda jika kita ingin mengubah kebiasaan yang berhubungan dengan kesehatan seperti menurunkan berat badan, tentunya dapat kita ukur perubahan setiap harinya. Berbeda jika kita ingin melihat apakah kebiasaan kita sudah berubah, sulit untuk mengukurnya karena ukuran berubah setiap orang berbeda-beda.

Oleh karena itu, dilansir dari Huffingtontpost.com, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita bisa mengukur apakah resolusi tahun baru kita untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan sudah berubah atau belum.

(Baca juga: 7 Resolusi Kesehatan 2018)


(Tuliskan rencana-rencana yang harus Anda lakukan untuk mencapai resolusi Anda tersebut. Foto: Pixabay.com)

1. Menuliskannya
Tuliskan resolusi-resolusi yang ingin Anda capai di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh Anda agar dapat selalu mengingat resolusi-resolusi yang ingin Anda capai tersebut.

2. Membuat rencana
Tuliskan rencana-rencana yang harus Anda lakukan untuk mencapai resolusi Anda tersebut. Misalnya jika Anda ingin menjadi orang yang tidak mudah menghakimi, tulislah cara yang harus dilakukan agar tidak mudah menghakimi orang seperti: lebih menahan diri untuk tidak menilai seseorang sebelum mengenal, tidak mengatakan hal-hal negatif, dan lebih melihat sisi positif seseorang.

3. Menuliskannya kembali
Jika salah satu cerita Anda tidak sesuai dengan harapan Anda, tuliskan cerita Anda dalam buku harian dan tuliskan apa yang harus dilakukan untuk bisa mengubah hasilnya. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kesadaran Anda, tapi juga akan membantu Anda memikirkan cara-cara untuk menghindari mengulangi kesalahan.

4. Lakukan terus sampai menjadi sebuah kebiasaan
Pada saat Anda merasakan ada perubahan dalam diri Anda setelah melakukan resolusi-resolusi yang ingin Anda capai, biasanya Anda akan terbiasa untuk melakukan hal tersebut dan kebiasaan-kebiasaan yang baik itu akan menjadi rutinitas harian Anda dan akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.










(TIN)