Fakta-fakta Mengenai Kista Ovarium

Raka Lestari    •    Kamis, 05 Oct 2017 14:44 WIB
kesehatankista ovarium
Fakta-fakta Mengenai Kista Ovarium
Kista ovarium ini cukup umum dan diperkirakan hampir seluruh wanita pernah memiliki kista ovarium satu atau beberapa kali selama masa reproduksinya. (Foto: Brooker Cagle/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kista ovarium merupakan sebuah kondisi dimana seringkali disalahpahami oleh kebanyakan wanita, apalagi banyak informasi beredar melalui media sosial dan juga beredar dalam aplikasi-aplikasi chatt yang tidak sepenuhnya benar mengenai penyakit tersebut. 

Seperti dilansir dari Thisdaylive.com, menyebutkan bahwa wanita memilki dua buah ovarium yang berada di kiri dan kanan tubuh seorang wanita. 

Ovarium merupakan pabrik yang menyimpan dan melepaskan telur saat terjadinya ovulasi. Setiap ovarium berukuran sebesar kacang walnut. Satu ovarium menghasilkan satu buah telur setiap bulannya, dan proses ini menjadi penanda awal siklus menstruasi pada wanita. 



Kista ovarium ini cukup umum dan diperkirakan hampir seluruh wanita pernah memiliki kista ovarium satu atau beberapa kali selama masa reproduksinya. Untungnya adalah sebagian besar kista jenis ini, lebih dari 95 persen bisa sembuh dengan sendirinya. 

Penting untuk diketahui bahwa kista ovarium ini dapat menyerang wanita segala usia. 

Kebanyakan kista ovarium jinak, artinya tidak bersifat kanker dan banyak yang hilang sendiri dalam hitungan minggu tanpa pengobatan. Kista ovarium paling sering terjadi pada wanita usia subur daripada wanita yang sudah melewati masa menopause. 

Umumnya kista ovarium ini tidak memiliki gejala dan biasanya ditemukan saat pengecekan rutin atau saat menjalani USG untuk keperluan-keperluan tertentu. 

(Baca juga: Benarkah Kista Menyebabkan Kemandulan?)



Namun gejala-gejala berikut mungkin ada: 

1. Nyeri perut bagian bawah 
Nyeri yang dirasakan pada perut bagian bawah mungkin kadang terasa kadang tidak, datangnya secara mendadak, dan biasanya sangat sakit

2.Periode menstruasi tidak teratur

3.Perut bagian bawah terasa tertekan dan penuh 

4. Nyeri panggul 
Saat menstruasi terasa nyeri pada panggul atau pada punggung bagian bawah 

5. Nyeri panggul setelah olahraga 
Biasanya dirasakan setelah melakukan olahraga atau setelah berhubungan seksual

6. Nyeri saat buang air kecil atau besar 

7. Mual dan muntah
 
8. Nyeri pada vagina 
Nyeri yang dirasakan biasanya disertai bercak darah dan infertilitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kista ovarium ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika kista ovarium ini berkembang secara abnormal dan berlangsung lama lebih dari beberapa bulan harus dibuang dan diperiksa lebih lanjut apakah ada tanda-tanda kondisi serius lainnya. 










(TIN)