Studi: Residu Triclosan Ternyata Masih Ada di Atas Sikat Gigi

Raka Lestari    •    Minggu, 05 Nov 2017 08:57 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Studi: Residu Triclosan Ternyata Masih Ada di Atas Sikat Gigi
Sebuah studi baru yang diterbitkan di Environmental Science & Technology menemukan bahwa jumlah triclosan yang terkandung saat menyikat gigi mungkin jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan semula. (Foto: Didesign021/Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Peralatan mandi yang ada di rumah Anda mungkin saja bisa memiliki efek samping. Saat bahan kimia ditemukan dalam produk-produk rumah tangga Anda, tentunya akan berdampak negatif juga pada kesehatan Anda. 

Dilansir dari Rd.com, pada tahun 2016, Federal Authority for Government Human Resources (FAHR) di Amerika Serikat  menganggap triclosan, senyawa populer yang digunakan dalam sabun antibakteri dan gel, tidak aman untuk penggunaan jangka panjang, dan tidak semuanya efektif dalam mencegah penyebaran infeksi daripada sabun dan air biasa.

Bahan kimia ini ditemukan terkait dengan gangguan kesehatan usus, masalah hormon, dan resistensi bakteri dan sudah tidak digunakan lagi dalam sabun-sabun antibakteri saat ini. Namun ternyata triclosan masih tetap ada dalam beberapa jenis pasta gigi karena dianggap tidak menimbulkan efek yang signifikan. 



(Baca juga: Kebiasaan Gosok Gigi yang Perlu Diperhatikan)

Sebuah studi baru yang diterbitkan di Environmental Science & Technology menemukan bahwa jumlah triclosan yang terkandung saat menyikat gigi mungkin jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan semula.

Penelitian tersebut menguji 22 sikat gigi terlaris, menggunakan berbagai pasta gigi yang berbeda, enam di antaranya mengandung triclosan sebagai bahan baku.

Studi tersebut menemukan bahwa sepertiga dari sikat gigi mengandung triclosan residu yang terbentuk di atas sikat gigi selama dilakukan penelitian. Bahkan ketika sikat gigi beralih dari pasta gigi triclosan ke pasta gigi non-triclosan, triclosan tetap ada pada sikat gigi hingga dua minggu setelahnya. 

Para peneliti  tersebut merekomendasikan agar orang menghindari penggunaan pasta gigi dengan triclosan sebagai bahan dan menyarankan untuk mengganti sikat gigi mereka jika sudah menggunakan sikat gigi triclosan.










(TIN)