Bercinta Bantu Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:54 WIB
seks dan kesehatan
Bercinta Bantu Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Seks tak hanya penting untuk mempererat kehidupan pernikahan. Lebih dari itu, aktivitas bercinta ternyata memiliki manfaat kesehatan seperti mengobati depresi dan meningkatkan hormon endorfin.

Sebuah penelitian menemukan aktivitas bercinta rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut diperkuat dengan penelitian lanjutan yang mengemukakan fakta seperti dilansir Boldsky berikut ini.

1. Penelitian menemukan bahwa setengah jam melakukan aktivitas seksual dapat membakar 101 kalori pada pria dan 70 kalori pada wanita.

2. Jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks tergantung aktif atau tidaknya Anda. Pria umumnya bisa membakar hingga 306 kalori, sedangkan pada wanita 200 kalori. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan Anda melakukan tradmill.

3. Tim peneliti dari University of Bangor di Inggris Raya melakukan pengujian terhadap subjek selama dua bulan. Subjek pertama, kelompok yang gemar berolahraga tanpa beraktivitas seksual. Sedangkan kedua, kelompok orang yang berolahraga dan juga melakukan aktivitas seksual secara teratur. Periset menemukan bahwa kelompok yang bercinta secara teratur lebih baik dalam menurunkan berat badannya, dibanding subjek pertama. Studi tersebut mengungkapkan bahwa hormon yang dilepaskan saat bercinta bisa meningkatkan penurunan berat badan lebih cepat.

4. Studi lain yang dilakukan peneliti di Boston mengatakan bahwa bercinta secara teratur dapat menunda rasa lapar dan mencegah lapar berlebihan. Hal ini disebabkan karena hormon oksistosin (hormon cinta) dilepaskan tubuh. Hormon tersebut dapat mengurangi nafsu makan sampai batas tertentu, sehingga mencegah rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan.




(DEV)