7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Menjelang Tidur

Raka Lestari    •    Rabu, 06 Dec 2017 12:23 WIB
kesehatan
7 Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Menjelang Tidur
Bukan hanya karena sifatnya yang memang asam, tetapi kafein yang dikandungnya juga menghasilkan gangguan pada asam lambung. (Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)

Jakarta: Makan sebelum tidur dapat menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan dan memiliki kualitas tidur yang buruk. Hal tersebut juga menyebabkan penyakit asam lambung. "Hampir 50 persen orang Amerika mengalami penyakit asam lambung dan tidak mengetahuinya, kata ahli aryngologist," Jamie Koufman, M.D.

"Satu-satunya faktor risiko terbesar adalah sejauh ini orang makan malam," kata Koufman. Dia merekomendasikan makan malam paling lambat tiga jam sebelum tidur. Tetapi jika Anda memang harus mengemil saat malam hari, herus tetap memerhatikan makanannya. Berikut ini makanan-makanan yang sebaiknya dihindari saat makan malam.

1. Alkohol 
Alkohol dapat mengendurkan katup yang menghubungkan perut dan kerongkongan. Bila ini terjadi, tubuh Anda tidak dapat menyimpan makanan di tempat asalnya. "Jika Anda minum alkohol sebelum tidur, ini akan menyebabkan asam lambung," kata Koufman.

2. Soda 
Menurut Koufman, soda bersifat lebih asam daripada apapun yang ada di dalam perut Anda. Asam itulah yang merusak katup penghubung perut dan kerongkongan. Selain itu, karbonasi dapat meningkatkan tekanan pada perut. 

3. Cokelat 
Rasa tertentu mengandung lemak tinggi dan mengandung kafein dan stimulan yang kurang dikenal yang disebut theobromine yang pada dasarnya membuatnya akan memiliki efek negatif bagi perut Anda. 

(Baca juga: Tak Ingin Mimpi Buruk, Hindari 5 Makanan Ini Sebelum Tidur)


(Bukan hanya karena sifatnya yang memang asam, tetapi kafein yang dikandungnya juga menghasilkan gangguan pada asam lambung. Foto: Pixabay.com)

4. Keju 
Keju adalah makanan berlemak lainnya, tapi jika Anda menginginkannya sebiaknya pilih jenis keju yang keras seperti Parmesan dan Swiss yang tidak berpengaruh pada asam lambung daripada jenis yang lebih lembut seperti feta dan mozzarella.

5. Kacang 
Kacang mete, kenari, macadami dan kacang tanah adalah jenis kacang yang terburuk sementara pistachio dan kacang almond tidak begitu buruk bagi asam lambung. 

6. Jeruk 
Jeruk juga sangat asam. Segelas jus jeruk atau apel hijau adalah pilihan buruk bagi Anda sebelum tidur, tapi beberapa orang bisa makan apel merah tanpa masalah. "Hal tersebut tergantung pada orangnya."

7. Kopi 
Bukan hanya karena sifatnya yang memang asam, tetapi kafein yang dikandungnya juga menghasilkan gangguan pada asam lambung. Jika Anda harus minum kopi, pilihlah kopi bebas kafein yang memiliki kadar asam lebih rendah dari kopi biasa. 









(TIN)